Thursday, April 18, 2024
HomeLainnyaNasionalGunung Semeru Kemabli Alami Erupsi

Gunung Semeru Kemabli Alami Erupsi

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Gunung Semeru kembali mengalami erupsi, Minggu (11/12/2022) pagi ini. Berdasarkan pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Semeru kembali erupsi pada pukul 06.52 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 500 meter di atas puncak.

“Terjadi erupsi Gunung Semeru pada tanggal 11 Desember 2022 pukul 06:52 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m. Di atas puncak (± 4.176 m di atas permukaan laut),” kata Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Semeru Liswanto.

Liswanto mengatakan, kolom abu yang teramati dari pos pengamatan berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi sementara ini ± 1 menit 1 detik.

.Baca : Terpantau Gunung Semeru Masih Meluncurkan Awan Panas

“Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat. Sehingga monitoring tetap dilakukan,” katanya.

Hingga saat ini Gunung Semeru berada pada Status Level III atau Siaga sejak kembali erupsi pada 4 Desember 2022. Karena itu, masyarakat dimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak atau pusat erupsi.

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sunga di sepanjang Besuk Kobokan. Karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

“Tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar),” ujarnya.

Liswanto juga meminta masyarakat mewaspadai potensi awan panas guguran (APG) guguran lava. Serta lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

“Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar. Dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan,” ucapnya.(*)

 

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK MINGGU 11 DESEMBER 2022: Virgo sangat Agresif dalam Cinta, Gemini Bersenang-senang dengan Cinta, Libra Perasaan Asmara Memikat, Aries Berhati-hati dalam Urusan Romantis

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER