Wednesday, July 17, 2024
HomeLainnyaNasionalMasjid Istiqlal Akan Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja Katedral saat Perayaan...

Masjid Istiqlal Akan Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja Katedral saat Perayaan Natal

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Masjid Istiqlal akan menyediakan lahan parkir untuk jemaat Gereja Katedral Jakarta saat perayaan Natal. Lahan parkir yang disediakan mampu menampung 700 slot kendaraan roda empat.

“Perayaan Natal tahun ini didukung oleh banyak pihak, pertama ada Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI). Beberapa waktu lalu kita disamperin oleh Imam besar, Prof Nazarudin Umar, waktu ada acara dengan Sandiaga Uno. Ini menarik, ada sebuah sapaan dari sahabat kita dari Masjid Istiqlal dan siap membantu untuk memfasilitasi, baik itu parkir basemant ada sekitar 700 slot untuk parkir mobil dan food court akan dibuka sampai jam 9 malam,” kata Pastor Kepala Katedral Jakarata Romo Albertus Hani Rudi Hartoko, SJ pada wartawan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2022).

.Baca : Pangeran MbS Izinkan Perayaan Natal Secara Terbuka di Arab Saudi

Romo Rudi juga mengatakan Pemprov DKI turut membantu keberlangsungan Perayaan Natal tahun ini. Dinkes DKI, lanjut dia, menyiapkan ambulans dan memastikan jemaat yang hadir dalam kondisi sehat.

“Kemudian dari kesehatan, kemarin ada kunjungan dari direktur pelayanan kesehatan didamapingin Dinkes dan Sudinkes Jakpus dan Sawah Besar. Mereka akan memastikan umat yang hadir dipastikan sehat dan juga backup dari Puskesmas Sawah Besar, akan menyiapkan 1 ambulans, dan dari RS Caroulus menyiapkan 1 ambulance dengan tim medis yang standby,” imbuhnya.

Selain itu dari pihak PLN juga memastikan pasokan listrik di Gereja Katedral aman. Lalu dari sektor keamanan, Gereja Katedral juga sudah berkoordinasi dengan Polsek Sawah Besar.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Polsek Sawah Besar dan kita menyediakan tenda posko. Demikian juga ada di dalam untuk memastikan bahwa aspek keamanan dapat terjamin bersama dengan dukungan dari TNI-Polri dan juga ormas yang ada,” pungkasnya.

Sebelumnya sebanyak 7.421 personel kepolisian di wilayah hukum Polda Metro Jaya diturunkan untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru). Dari personel yang ada termasuk tim Gegana yang akan menyisir setiap gereja.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan total ada 1.385 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang diamankan. Nantinya tim gegana akan menyisir gereja untuk mengantisipasi ancaman teror.

“Tentunya ini (tim Gegana) menjadi antisipasi kita. Hal-hal demikian tentunya ini sudah menjadi standar operasi pengamanan yang dilakukan kepolisian,” kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Senin (19/12).

Selain itu, Zulpan menyebut ada pengamanan khusus terhadap beberapa gereja besar yang ada. Salah satunya Gereja Katedral di Jakarta Pusat.

“Ada ya (pengamanan khusus). Namun tidak kami sampaikan secara terbuka. Ada yang mendapat perhatian, artinya pengamanan-pengamanan yang perlu ditingkatkan dalam rangka pengamanan untuk seluruh jemaat,” jelasnya.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SABTU 24 DESEMBER 2022: Pisces Ramah dalam Hubungan, Leo Kehidupan Cinta Sempurna, Sagitarius Mendambakan Hubungan yang Sempurna, Taurus Yakin pada Diri Sendiri

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK JUMAT 23 DESEMBER 2022: Gemini Menikmati Lembutnya Asmara Sejati, Taurus Hubungan yang Romantis, Aquarius Bersahaja Tentang Cinta dan Romansa, Scorpio Menghabiskan Waktu dengan Pasangan

 

Sumber:detiknews.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER