Sunday, May 19, 2024
HomeLainnyaNasionalPresiden Jokowi Resmi Tandatangani Keppres Larangan Penjualan Rokok Batangan

Presiden Jokowi Resmi Tandatangani Keppres Larangan Penjualan Rokok Batangan

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menandatangani keputusan terkait larangan penjualan rokok batangan (ketengan). Larangan ini tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 2022.

Keppres tersebut menekankan Rancangan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Perubahan atas PP Nomor 109 Tahun 2012. PP Nomor 109 berisi tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

.Baca : Presiden Jokowi Berencana Melarang Penjualan Rokok Batangan

Terdapat tujuh poin pokok materi muatan, salah satunya yaitu pelarangan penjualan rokok batangan dan ketentuan rokok elektronik. Kemudian, materi muatan lainnya adalah penambahan luas prosentase gambar dan tulisan peringatan kesehatan pada kemasan produk tembakau.

Presiden memutuskan pelarangan iklan, promosi, dan sponsorship produk tembakau di media teknologi informasi. Ditambah dengan pelarangan penjualan rokok batangan, pengawasan iklan, promosi, sponsorship produk tembakau di media penyiaran, dan lain-lain.

Dengan adanya peraturan tersebut, pemerintah juga akan menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kawasan Tanpa Rokok ini akan berada di berbagai tempat umum.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan untuk menaikkan tarif cukai hasil tembakau rata-rata 10 persen pada 2023-2024. Harga rokok yang tidak terjangkau diharapkan akan berdampak pada menurunnya konsumsi rokok di tengah masyarakat.(*)

 

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK RABU 28 DESEMBER 2022: Virgo Hubungan Romantis Terbuka, Leo Jalin Komunikasi sama Pasangan, Sagitarius Anda terlihat Bijaksana, Libra Harus Optimis

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA SENIN 26 DESEMBER 2022: Aries Pertemuan Romantis, Sagitarius Pasangan Anda Jatuh Cinta, Taurus Peluang untuk Menemukan Cinta, Cancer Bernostalgia Indah bersama Pasangan

 

Sumber:rri.co.id

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER