Bawaslu Kepri Rilis 17 Bakal Anggota DPD RI Asal Kepri, Ada Sekar Respaty, Haripinto, dan Ismeth

Logo DPD RI
Logo DPD RI

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Berdasarkan Undang-Undang Pemilu dan Peraturan KPU, tahapan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024 terbagi menjadi 11 (sebelas) tahapan. Masing-masing tahapan telah tersusun program dan jadwal penyelenggaraannya.
Berdasarkan susunan program dan jadwal tersebut, pada tanggal 16 – 29 Desember Tahun 2022 dilaksanakan kegiatan penyerahan dukungan minimal pemilih Bakal Calon Anggota DPD Provinsi Kepulauan Riau.

Sebagai bentuk pelaksanaan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024 dari sisi pengawasan, Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau melakukan pencegahan pelanggaran dan sengketa proses pemilu dengan mengawasi secara langsung penyerahan dukungan minimal pemilih dari Bakal Calon Anggota DPD Provinsi Kepulauan Riau kepada KPU Provinsi Kepulauan Riau.

Pengawasan langsung dilakukan mulai dari dibukanya jadwal penyerahan dukungan hingga ditutupnya penyerahan dukungan pada tanggal 29 Desember 2022 Pukul 23.59 di Kantor KPU Provinsi Kepulauan Riau. Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau yaitu:
1) Kepatuhan tata cara, mekanisme, dan prosedur
2) Ketepatan waktu penyerahan dukungan
3) Jumlah minimal syarat dukungan (2,000 Dukungan)
4) Jumlah minimal syarat sebaran pemilih (4 Sebaran)

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, terdapat 21 (dua puluh satu) Bakal Calon Anggota DPD Provinsi Kepulauan Riau telah membuat Akun pada Sistem Informasi Pencalonan DPD.

3 (tiga) Bakal Calon tidak menyerahkan dukungan minimal pemilih dan 18 (delapan belas) Bakal Calon telah menyerahkan dukungan minimal pemilih. Dari 18 (delapan belas) Bakal Calon tersebut, 1 (satu) Bakal Calon dikembalikan penyerahannya dan 17 (tujuh belas) Bakal Calon dinyatakan Lengkap dan Diterima.

BACA:Daftar Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024

BACA:KPU Akan Gunakan Kembali Kotak Suara Berbahan Kardus di Pemilu 2024