Sunday, June 16, 2024
HomeLainnyaNasionalKemenkes Lakukan Penyesuaian Besaran Tarif JKN

Kemenkes Lakukan Penyesuaian Besaran Tarif JKN

Editor : Sudanto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan penyesuaian besaran tarif pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Penyesuaian ini berdasarkan Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Perpres 82 tahun 2018.

“Di dalam Perpres 82 tahun 2018 pasal 69 dan 73. Dimana pasal 69 mengatakan bahwa tarif di Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) ditetapkan oleh menteri,” kata Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan Kemenkes RI, Yuli Farianti dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Senin (16/1/2023).

.Baca : Jokowi: Presiden ke Depan Berani Lanjutkan Larang Ekspor

Ia menjelaskan dalam penyesuaian tarif JKN ini, menteri kesehatan mendapatkan masukan dari BPJS Kesehatan dan Asosiasi Fasilitas Kesehatan. “Dengan mempertimbangkan ketersediaan faskes, indeks harga konsumen, dan indeks kemahalan daerah,” ujarnya.

Menurutnya, di dalam penetapan tarif ini berdasarkan Perpres 82 tahun 2018 pasal 73. “Di dalam penetapan tarif ini kita di dalam pasal 73 diamanahkan bahwa menteri dalam meninjau standar tarif itu dilakukan dengan memperhitungkan kecukupan iuran dan kesinambungan dari program JKN,”

“Artinya kita harus memperhatikan ketahanan dari dana DCS tersebut bersama dengan BPJS Kesehatan, DJSN, dan Kementerian Keuangan,” ujarnya. Salah satu alasan penyesuaian tarif itu dilakukan, ujarnya, karena baik FKTP dan FKRTL telah lama tidak mengalami kenaikan tarif.

“FKTP itu sejak 2014 lebih kurang 8 tahun belum ada penyesuaian dan FKRTL pernah dilakukan penyesuaian di tahun 2016 tapi tidak overall semua. Sedikit saja itu dilakukan, jadi FKTRL telah enam tahun belum dilakukan penyesuaian,” katanya.

Menurutnya, dengan mempertimbangkan tingkat inflasi dan faktor lain, maka sudah seharusnya tarif JKN mengalami penyesuaian. “Sudah seharusnya kita melakukan review keterkaitan melakukan penyesuaian tarif,” ucapnya.

Ia menjamin untuk pelayanan kesehatan akan lebih baik lagi menyusul kebijakan penyesuaian tarif JKN ini. “Ya betul seperti itu,” ujarnya.

Selain itu, penyesuaian tarif ini memperhatikan keadilan antarwilayah di tanah air.n”Kita juga melihat fairness kemudian equity kemerataannya, jangan sampai orang di ujung Papua dengan wilayah akan sama, itu berbeda,” ujarnya.(*)

 

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA SENIN 16 JANUARI 2023: Leo Perasaan Kasih Sayang, Gemini Hubungan lebih Menyenangkan, Capricorn Pendekatan Ramah sama Pasangan, Virgo Hubungan Kamu lebih Baik

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER