Remaja Asal Karimun Jatuh di Laut Natuna, Ditemukan Selamat di Perairan Vietnam 6 Hari Kemudian

Kasi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Fajri memberikan keterangan terkait proses pemulangan Iman, remaja Karimun yang ditemukan hanyut hingga perairan Vietnam, Selasa (17/1/2023). Foto Suryakepri.com/Yahya

Remaja Asal Karimun Jatuh di Laut Natuna, Ditemukan Selamat di Perairan Vietnam 6 Hari Kemudian

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Seorang remaja asal Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) bernama Raden Bambang Firman Alamsyah alias Firman (18) jatuh di laut Kabupaten Natuna pada Sabtu, 7 Januari 2023 ditemukan selamat diperairan Vietnam 6 hari kemudian atau Jumat, 13 Januari 2023.

Firman ditemukan oleh kapal asing yang melintas di sekitar perairan ia tengah terapung-apung selama 6 hari lamanya pasca jatuh ke laut Natuna pada 7 Januari 2023.

Warga jalan Kompak Nomor 46, Kampung Bukit Atas, RT 04 RW 01, Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Kepri itu tengah proses pemulangan oleh KBRI Vietnam pasca diserahkan Coast Guard Vietnam.

Baca juga: Wisatawan Hanyut di Pantai Trikora Ditemukan Meninggal, Pemprov Kepri Keluarkan Larangan Berenang

“Informasinya, hari ini Coast Guard Vietnam akan menyerahkan Iman ke KBRI di Vietnam,” ujar Kasi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Fajri yang dijumpai di kantornya, Selasa (17/1/2023).

Diperkirakan Iman akan tiba di Indonesia pada 19 atau 20 Januari 2023.

Dari Vietnam, remaja 18 tahun tersebut akan diterbangkan ke Singapura dan dari Singapura akan melanjutkan perjalanan ke Karimun menggunakan moda transportasi laut kapal feri.

Baca juga: Remaja 16 Tahun yang Hanyut di Parit Baloi Persero Batam Akhirnya Ditemukan di Laut

“Untuk surat perjalanan, paspor dan dokumen lainnya itu dari kedutaan yang fasilitasi. Sekitar tiga atau empat hari setelah berada di KBRI baru dipulangkan,” ungkap Fajri.

Fajri menyebut kondisi Iman di Vietnam dalam keadaan yang baik dan trauma karena hanyut ratusan mil dan terapung-apung selama 6 hari di laut.

Fajri juga memastikan pihak keluarga telah bisa melakukan kontak dengan Iman melalui sambungan video call.

Baca juga: Anak Ridwan Kamil Hanyut di Sungai Aare Swiss, Media Lokal Soroti Kasus Tenggelam Turun 2020

Kasiinteldakim tersebut membenarkan Iman jatuh saat bekerja sebagai ABK kapal ikan KM Bahagia Natuna pada 7 Januari 2023 dan hanyut hingga ke perairan Vietnam.

Ayah Berharap Iman Segera Kembali ke Rumah

Sementara itu pihak keluarga masih menunggu kepulangan Raden Bambang Firman Alamsyah alias Iman (18).