Thursday, April 18, 2024
HomeHealth6 Minuman untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

6 Minuman untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Penelitian menunjukkan beberapa minuman menurunkan tekanan darah tinggi dan mendukung kesehatan jantung. Lantas, apa saja minuman untuk turunkan tekanan darah tinggi?

Saat tekanan darah tidak terkendali, hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Salah satu garis pertahanan pertama melawan tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah pola makan. Menerapkan pola makan ramah tekanan darah dapat membantu menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran yang sehat tanpa efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan.

.Baca : 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain makanan beberapa jenis minuman juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi biasanya berkembang seiring waktu dan bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan tertentu, termasuk diabetes dan obesitas.

Penting untuk mengobati tekanan darah tinggi, karena dapat meningkatkan risiko banyak kondisi lain, termasuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Melansir Healthline, berikut beberapa minuman enak yang bisa bantu turunkan tekanan darah.

1. Jus buah bit

Sayuran berwarna dan rendah kalori ini tidak hanya mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan, tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa jus bit mentah dan dimasak menurunkan risiko tekanan darah. Namun, jus buah bit yang tidak dimasak memiliki efek yang lebih besar pada tekanan darah.

Buah bit kaya akan diet nitrat, senyawa yang diketahui memiliki efek penurun tekanan darah. Dalam ulasan tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa manfaat ini lebih besar daripada efek nitrat saja.

2. Jus tomat

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Di sebuah studi tahun 2019, peneliti asal Jepang mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari di antara peserta dengan faktor risiko penyakit jantung.

Mereka menyimpulkan bahwa jus tomat dapat mengurangi risiko tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL. Studi terbaru lainnya telah melaporkan hasil yang serupa di antara orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil.

Pastikan untuk mengonsumsi jus tomat tanpa bahan tambahan untuk menghindari kadar sodium yang tidak diperlukan, yang dapat memiliki efek terbalik pada tekanan darah.

3. Jus delima

Tidak hanya kaya akan nutrisi seperti folat dan vitamin C, buah delima juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Mungkin tidak mengherankan jika jus delima dapat berkontribusi pada diet sehat jantung.

Tinjauan literatur tahun 2017 menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Efek pada tekanan darah sistolik tidak tergantung pada berapa lama peserta mengonsumsi jus delima dan berapa banyak.

Pastikan untuk mengonsumsi jus delima tanpa tambahan gula.

4. Jus buah beri

Seperti buah delima, buah beri, terutama blueberry, dikenal karena sifat antioksidannya.
Tinjauan tahun 2020 melaporkan bahwa minum jus cranberry atau ceri dapat menurunkan risiko tekanan darah. Ulasan lain menemukan bahwa mengonsumsi buah beri dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL.

Dalam kedua ulasan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa buah beri kemungkinan besar memiliki manfaat kardiovaskular. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memperjelas peran buah tersebut dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung.

5. Susu skim

Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt adalah komponen kunci dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, serangkaian rekomendasi berbasis sains untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi.

Berdasarkan studi pada 2.694 orang dewasa, peningkatan konsumsi susu rendah lemak juga dikaitkan dengan tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah.

Biasanya, ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi produk susu rendah lemak per hari. Anda bisa minum segelas susu atau menambahkannya ke semangkuk sereal atau smoothie Anda di pagi hari.

.Baca : Beragam Minuman Pelancar BAB untuk Atasi Sembelit

6. Teh

Dalam hal tekanan darah, tidak semua teh diciptakan sama. Tinjauan literatur membandingkan efek konsumsi teh hitam dan hijau terhadap tekanan darah.

Para peneliti melaporkan bahwa asupan kedua jenis teh tersebut dalam jangka panjang menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tapi penurunan tekanan darah lebih signifikan untuk teh hijau.

Itu dia beberapa minuman yang bisa bantu turunkan tekanan darah agar Anda terhindar dari hipertensi.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SABTU 21 JANUARI 2023: Aquarius Penuh Rasa Cinta, Libra Hubungan lebih Menyenangkan, Gemini Penuh Rasa Kasih Sayang, Leo Hubungan jadi lebih Baik

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK JUMAT 20 JANUARI 2023: Cancer Hubungan dengan lebih Baik, Aquarius Menghabiskan Waktu sama Pasangan, Scorpio Waktu yang tepat untuk Romansa, Virgo Waktu bersama Pasangan Romantis

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER