Kodok Tebu Raksasa Ditemukan di Queensland Australia, dan Langsung Disuntik Mati

Editor: Redaksi

Kosok tebu raksasa./ detik.

SURYAKEPRI.COM – Kodok tebu (Rhinella marina) raksasa ditemukan dan ditangkap di Queensland, Australia. Seberat 2,7 kilogram, kodok itu dijuluki Toadzilla saking besarnya, kemungkinan hewan paling jumbo yang pernah tercatat di spesiesnya. Namun kodok raksasa itu langsung disuntik mati. Kenapa?

Para polisi hutan menemukan amfibi raksasa itu di Taman Nasional Conway. Via Twitter, mereka mengaku terkejut menemukan katak tebu ‘monster’ yang beratnya kira-kira sama dengan ayam jantan.

“Sejujurnya saya tidak percaya, saya belum pernah melihat sesuatu sebesar ini,” kata Kylee Gray, seorang penjaga hutan yang dikutip detikINET dari CBS, Senin (23/1/2022). Gray menggambarkan temuan itu sebagai kodok tebu besar berkutil buruk rupa di tanah.

Ia dan rekan-rekannya menduga kodok raksasa itu betina karena kodok tebu betina tumbuh lebih besar daripada yang jantan. Sebelumnya, rekor berat kodok sejenis adalah 2,65 kilogram, ditemukan tahun 1991 di Australia juga.

Setelah menimbang, penjaga hutan menyuntiknya mati sesuai prosedur di sana, terutama karena kerusakan lingkungan yang mereka timbulkan.

“Kodok tebu sebesar itu akan memakan apa saja yang dapat dimasukkan ke mulutnya, termasuk serangga, reptil, dan mamalia kecil,” kata Gray.