Penembakan Massal Kembali Terjadi di California, 7 Orang Tewas

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi: Penembakan OTK
Foto ilustrasi: Penembakan OTK

SURYAKEPRI.COM – Penembakan massal kembali terjadi di California di dua lokasi berbeda. Sebanyak tujuh orang tewas dalam penembakan yang berlangsung di dua lokasi di kota Half Moon Bay di pantai California utara pada Senin, 23 Januari 2023. Polisi telah menahan tersangka.

Half Moon Bay berjarak sekitar 50 kilometer di selatan San Francisco. Deputi yang menanggapi panggilan darurat menemukan empat orang tewas dan korban kelima terluka di lokasi pertama di Half Moon Bay. Polisi selanjutnya menemukan tiga lagi tewas di tempat lain di dekatnya, kata Sheriff Christina Corpus pada konferensi pers.

Salah satu lokasi penembakan adalah di peternakan jamur, menurut surat kabar San Francisco Chronicle. Video di ABC 7 dari Bay Area menunjukkan penangkapan tersangka. Dua pria berpakaian preman dan seorang polisi berseragam, dengan senjata terhunus, memerintahkan tersangka pria keluar dari mobilnya. Tersangka keluar, dilempar ke tanah dan senjatanya digeledah. Beberapa petugas berseragam dengan cepat tiba di tempat kejadian dengan senjata panjang.
Sebuah pistol ditemukan di mobilnya, kata Corpus. Seorang wanita yang menyaksikan penangkapan tersebut mengatakan kepada wartawan bahwa dia pergi ke kantor polisi untuk mendapatkan lebih banyak informasi karena dia bekerja di pertanian. Dia mengkhawatirkan kesejahteraan pekerja pertanian, yang sudah mengalami stres akibat banjir baru-baru ini di daerah tersebut.
“Saya datang ke sini untuk mencari tahu apa yang saya bisa tentang situasi ini dan mengapa ini terjadi dan saya tidak menyangka bisa sedekat itu,” kata Kati McHugh kepada wartawan di tempat kejadian. “Itu agak terlalu dekat sehingga saya tak nyaman.”
Penembakan massal terbaru terjadi hanya dua hari setelah peristiwa serupa sebelumnya. Pada akhir pekan lalu, seorang pelaku yang merupakan imigran Asia menembaki kerumuman pada festival Imlek di California, Amerika Serikat. Peristiwa itu menyebabkan 11 orang tewas di kota Monterey Park di Los Angeles County, sekitar 400 mil (640 km) ke selatan. (*)