Sunday, May 19, 2024
HomeKarimunJadi Narasumber 'Goes to High School' Ikatan Alumni UI, Bupati Karimun Berkisah...

Jadi Narasumber ‘Goes to High School’ Ikatan Alumni UI, Bupati Karimun Berkisah Tak Bisa Lanjut Kuliah karena Keterbatasan Ekonomi 

spot_img

Jadi Narasumber ‘Goes to High School’ Ikatan Alumni UI, Bupati Karimun Berkisah Tak Bisa Lanjut Kuliah karena Keterbatasan Ekonomi 

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Bupati Karimun DR H Aunur Rafiq, SSos, MSi menjadi narasumber pada acara ‘Goes to High School’ Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Pemkab Karimun, Selasa (23/1/2023).

Acara tersebut dihadiri ratusan pelajar SMA sederajat di Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mendapat cinderamata berupa buku dari Ketua Iluni Kepri saat acara sosialisasi Iluni Goes to High School di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Pemkab Karimun, Selasa (23/1/2023). Foto Suryakepri.com/IST

Saat memberikan pemaparan, orang nomor satu di Bumi Berazam- julukan Kabupaten Karimun – itu sempat berbagi kisah lika-liku perjalanan pendidikannya.

Baca jugaTemui Korban Banjir, Bupati Karimun Aunur Rafiq Sampaikan Permintaan Maaf

Di hadapan ratusan siswa SMA sederajat yang hadir pada acara tersebut, Rafiq menyingkap kisah sedih dirinya sempat tidak bisa melanjutkan kuliah dikarenakan keterbatasan ekonomi keluarganya.

Namun kekurangan tersebut tidak lantas membuatnya patah semangat. Sebaliknya ia tetap berjuang hingga akhirnya bisa kuliah di Akademi Pendidikan Dalam Negeri (sekarang IPDN,red) dan lulus pada tahun 1991.

“Kisah perjalanan pendidikan saya tidak lah mudah. Saya sempat tidak bisa melanjutkan kuliah karena keterbatasan ekonomi. Namun saya tetap terus berjuang hingga akhirnya bisa melanjutkan pendidikan di APDN hingga lulus pada tahun 1991,” ujar Rafiq, Selasa.

Baca juga: Respon Bupati Karimun Aunur Rafiq Saat Diminta Warga Ikut Pilkada Kepri

Begitu lulus APDN, tugas pertama Rafiq menjadi seorang staf di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, daerah yang cukup jauh dari kampung halamannya di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun.

“Begitu lulus APDN tahun 1991, saya memulai karir pertama dari staff kecamatan di Singkep, kemudian Lurah Dabo Singkep sampai akhirnya saya bisa menjadi Bupati Karimun sekarang ini,” sambungnya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menjadi narasumber pada acara Iluni Goes to High School di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Pemkab Karimun, Selasa (23/1/2023). Foto Suryakepri.com/IST

Pada kesempatan itu, Bupati Karimun dua periode (2015-2020 dan 2021-2024) itu mengatakan kepada pelajar-pelajar di Karimun bahwa tidak ada yang mustahil jika memiliki niat dan tekad yang kuat.

Baca juga: Bupati Karimun H Aunur Rafiq Salut Yayasan INPAK Beri Pendidikan Agama Anak-anak Jalanan

“Teruslah belajar dan terus mempersiapkan diri demi terwujudnya cita-cita,” pesannya.

Ia tahu banyak sekali pelajar Karimun yang sampai hari ini berhasil berkuliah di perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia, UGM, UNRI dan ada yang IPDN, STAN, dan lainnya.

Ratusan pelajar SMA sederajat Karimun menghadiri acara sosialisasi Iluni Goes to High School di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Pemkab Karimun, Selasa (23/1/2023). Foto Suryakepri.com/IST

Rafiq juga sangat yakin para pelajar di Karimun setiap tahunnya akan terus berhasil lulus ke perguruan tinggi yang didambakan, yang nantinya setelah lulus akan menjadi orang yang sukses dan kelak menjadi penerus estafet kepemimpinan di Kabupaten Karimun.

Baca juga: Aunur Rafiq Sebut Angka Pengangguran di Karimun Turun, Benarkah?

Pengalaman berbagi kisah perjalanan karir dan pendidikannya pada acara ‘Goes to High School’ Ikatan Alumni Universitas Indonesia itu kembali dituliskan Rafiq pada akun media sosial Facebooknya.

Begini isinya:

Alhamdulillah, semalam saye menghadiri kegiatan Ikatan Alumni (Iluni) dan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Goes To High School di Gedung Nilam Sari, Kantor Bupati Karimun.

Dalam kesempatan ini, saye sangat senang melihat antusias ratusan pelajar yang begitu antusias untuk mendengarkan sosialisasi tentang Universitas Indonesia.

Saye turut memotivasi para pelajar yang hadir untuk lebih yakin terhadap potensi diri dan optimis untuk memperjuangkan cita-citanya.

Saye yang juga sebagai narasumber sempat berbagi kisah perjalanan pendidikan dan karir kepada para pelajar yang tidaklah mudah, dimane saat itu saye yang sempat tidak bisa melanjutkan jenjang kuliah karena keterbatasan ekonomi.

Saye terap terus berjuang hingga akhirnya bisa melanjutkan pendidikan di APDN hingga lulus pada tahun 1991 dan memulai karir pertama dari staff kecamatan di Singkep, Lurah Dabo Singkep sampai akhirnya saye bise menjadi Bupati Karimun sekarang ini.

Dalam momentum ini, saye ingin menyampaikan kepada pelajar-pelajar di Karimun bahwa tidak ada yang mustahil jika kita memiliki niat dan tekad yang kuat. Teruslah belajar dan terus mempersiapkan diri demi terwujudnya.

Saye tahu banyak sekali pelajar Karimun yang sampai hari ini berhasil berkuliah di perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia, UGM, UNRI dan ada yang IPDN, STAN, dan lainnya.

Saya juga sangat yakin para pelajar di Karimun setiap tahunnya akan terus berhasil lulus ke perguruan tinggi yang didambakan, yang nantinya setelah lulus akan menjadi orang yang sukses dan kelak menjadi penerus estafet kepemimpinan di Kabupaten Karimun.

Screenshot Facebook Bupati Karimun Aunur Rafiq. Foto Suryakepri.com/FB Aunur Rafiq
Screenshot Facebook Bupati Karimun Aunur Rafiq. Foto Suryakepri.com/FB Aunur Rafiq.(*)Penulis Rachta Yahya

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER