Tuesday, June 25, 2024
HomeHealthIni 7 Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Ini 7 Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Makanan yang berbahaya untuk diabetes sudah seharusnya dibatasi bahkan jangan sampai dikonsumsi.
Sebab, penderita diabetes perlu mengontrol asupan makanan dengan hati-hati supaya kadar gula darahnya tak melonjak dan mengakibatkan penyakitnya kian parah.

Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang sangat disarankan bagi penderita diabetes, karena ini bisa membantu mengendalikan gejala diabetes dan mengurangi risiko komplikasi.

.Baca : 6 Minuman untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan yang Berbahaya untuk Diabetes

Dirangkum berbagai sumber, berikut kategori makanan yang bisa membahayakan kondisi penderita diabetes. Selain tinggi kalori, makanan tersebut juga minim nutrisi.

1. Buah kering

Buah-buahan yang dikeringkan mengandung kadar gula cukup tinggi. Karbohidrat di dalamnya diklaim empat kali lebih banyak dari buah segar.

Segala macam jenis buah kering ini memang kurang baik dikonsumsi penderita diabetes karena berisiko meningkatkan lonjakan gula darah.

Disarankan pilih buah-buahan utuh yang masih segar alami untuk dikonsumsi, seperti kiwi, apel, beri, jeruk, jambu biji, pir, atau anggur.

2. Makanan ringan kemasan

Aneka makanan ringan dalam kemasan dengan rasa manis, asin, atau gurih, rata-rata terbuat dari tepung olahan tinggi kalori.

Menurut salah satu hasil studi, karbohidrat pada makanan ringan biasanya lebih tinggi daripada yang tertulis dalam label kemasan.

Alternatif lain apabila penderita diabetes ingin makan camilan, bisa pilih popcorn rasa orisinal, puding biji chia, kacang almond, protein bar, atau roti gandum dan selai kacang.

3. Sereal manis

Sereal merupakan makanan praktis untuk sarapan yang diperkaya kandungan protein, serat, serta karbohidrat. Namun sayangnya tidak semua kandungan sereal sama, sebab ada juga yang hanya menyediakan sedikit protein dan tinggi karbohidrat di dalamnya.

Apabila sereal tersebut tinggi karbohidrat, efeknya justru bisa sebaliknya yaitu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga tidak terkendali.

4. Daging olahan

Makanan yang berbahaya untuk diabetes ada daging olahan. Bisa itu daging kaleng, daging beku, atau daging yang sudah diproses menjadi bahan baku nugget, sosis, dan beef burger.

Meski tidak semua mengandung gula, daging olahan cenderung lebih tinggi garam, lemak, dan pengawet di dalamnya.

Cara aman mengonsumsi daging, sebaiknya pilih daging segar tanpa lemak yang dimasak dengan benar. Misalnya dijadikan steik atau campuran sup sayuran.

5. Lemak trans

Makanan tinggi lemak trans tidak hanya pada gorengan. Lemak tersebut dapat ditemukan pada jeroan, margarin, selai kacang, krimer, kerupuk, serta keripik yang menggunakan pengawet.

Lemak trans memang tidak langsung meningkatkan kadar gula darah tapi meningkatkan resistensi insulin, menambah lemak perut, dan menurunkan kadar kolesterol HDL (baik).

Bagi penderita diabetes, makanan tinggi lemak trans sebaiknya dihindari. Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat dari ikan, alpukat, telur, yoghurt.

6. Yoghurt aneka rasa

Yoghurt tanpa rasa atau plain termasuk aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, karena kaya lemak sehat dan protein.

Berbeda dengan yoghurt aneka rasa, per porsi sekitar 245 gram bisa mengandung 31 gram gula, yang artinya hampir 61 persen kalorinya berasal dari gula.

Yoghurt aneka rasa bisa meningkatkan kadar gula darah sekaligus insulin tubuh, dan berisiko menyebabkan komplikasi diabetes apabila tidak dibatasi.

7. Roti putih, nasi, atau pasta

Roti putih, nasi, dan pasta adalah makanan tinggi karbohidrat, dan telah terbukti bisa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Makanan yang berbahaya untuk diabetes ini ikut berimbas dalam menurunkan fungsi otak pada penderita diabetes tipe 2.

Supaya lebih aman dan sehat, Anda bisa ganti nasi putih ke nasi merah atau beras organik lainnya, untuk roti pilih jenis roti gandum, dan pasta pilih yang bebas gluten.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK RABU 8 FEBRUARI 2023: Scorpio Tunjukkan Kecintaan pada Pasangan, Gemini Menulis Puisi Cinta untuk Orang Tersayang, Aries Menulis Surat Cinta pada Pasangan, Capricorn Cinta dan Romansa agak Manis

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SELASA 7 FEBRUARI 2023: Aquarius Anda akan Bersenang-senang, Libra Merasa sangat Senang, Taurus Pekalah terhadap Kebutuhan Pasangan, Gemini Menjalin Hubungan Permanen

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER