Sunday, July 14, 2024
HomeLainnyaNasionalPeneliti BRIN Optimis Indonesia Masuk Endemi Tahun Ini

Peneliti BRIN Optimis Indonesia Masuk Endemi Tahun Ini

Editor ; Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dede Anwar Musadad optimis  Indonesia beralih ke endemi Covid-19 tahun ini. Saat ini Indonesia masih menyandang status pandemi Covid-19.

“Saya optimis ya. Optimis karena penyakit tersebut sudah terkendali,” kata Dede dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Jumat (10/2/2023).

Ia menjelaskan, keterkendalian itu dilihat dari angka positive rate Covid-19. “Belum lagi perawatan di rumah sakit itu BOR-nya hanya 2,2 persen, masih sangat kecil,” ujarnya.

.Baca : Presiden Jokowi: Yang Bisa Beri Statement Pandemi Itu Selesai Adalah WHO

Di satu sisi, lanjutnya, cakupan vaksinasi Covid-19 sudah sangat meningkat. Hal itu diikuti dengan meningkatnya daya kekebalan masyarakat terhadap penyakit menular itu.

“Survei terakhir di bulan Desember itu kekebalan kita sekitar 96 persen. Jadi menurut saya optimis itu,” ucapnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) punya indikator penurunan status pandemi menjadi endemi Covid-19. Di antaranya laju penularan Covid-19 harus kurang 1 persen, dan angka positivity rate kurang dari 5 persen.

Kemudian, tingkat perawatan rumah sakit juga harus kurang dari 5 persen. Pun angka fatality rate harus kurang dari 3 persen.(*)

 

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SABTU 11 FEBRUARI 2023: Cancer Cobalah untuk Membalas Cinta, Aries Waktu bersama Pasangan Romantis, Sagitarius Terbuka dengan Pasangan,  Scorpio Memperkuat Hubungan Kamu

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK JUMAT 10 FEBRUARI 2023: Aries Menyenangkan Bersama Pasangan, Aquarius Menikmati Hubungan yang Baik, Capricorn Kesulitan Meyakinkan Pasangan, Libra Menikmati Kesenangan luar Biasa

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER