Saturday, May 18, 2024
HomeBatamIkut Rakornas FKUB 2023, Jefridin : Peran Tokoh Agama Sangat Penting dalam...

Ikut Rakornas FKUB 2023, Jefridin : Peran Tokoh Agama Sangat Penting dalam Mendukung Suksesnya Pemilu 2024

Editor : Sudianto Pane

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam mewakili Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintah Daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tahun 2023 di Hotel Novotel Tangerang, Banten, Selasa (28/2/2023).

Rakornas ini mengangkat tema “Sinergi Memantapkan Kerukunan Umat Beragama Dalam Mewujudkan Pemilu Yang Aman, Damai dan Harmoni”.

Rakornas FKUB dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro, dihadiri oleh Gubernur, Bupati/Walikota, Kaban Kesbangpol, Kepala Kanwil Kemenang dan Ketua FKUB se-Indonesia.

.Baca : Pemko Batam Pastikan Terus Jaga Laju Inflasi

Sekda Kota Batam Jefridin Hamid hadir dalam kegiatan ini menyampaikan tentang pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama. Karena agama memainkan peranan yang penting dalam segala aspek kehidupan ini.

“Kerukunan harus kita bangun sebagai modal utama menjaga integritas NKRI,” katanya.

Ia menyampaikan menjelang pilkada tahun 2024, kepedulian masyarakat dan tokoh agama di Kota Batam sangat penting untuk menciptakan suasana Pemilu yang aman dan kondusif. Dan jika tidak melihatnya secara arif dan bijaksana, konflik sering tidak dapat kita hindari sebagai akibat dari perbedaan yang ada.

“Kekompakan antar umat beragama sangat diperlukan mengingat Kota Batam yang mana masyarakatnya tergolong heterogen dan merupakan miniatur Indonesia,” katanya.

Menurut Jefridin, tokoh agama di Kota Batam memiliki peran yang cukup besar untuk menyampaikan nilai-nilai agama serta budaya kemasyarakatan seperti rukun dan gotong royong.

“Atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi mengucapkan terima kasih kepada FKUB, masyarakat Kota Batam yang sejauh ini telah bekerjasama dengan pemerintah dalam upaya menjaga keamanan dan kerukunan antar umat beragama.

Selain itu, Jefridin juga menyampaikan apresiasi atas peran seluruh Forkopimda serta kementerian agama yang telah berperan menjaga kerukunan dan kekompakan antar umat beragama khususnya di kota Batam.

“Hal baik ini harus terus dijaga dan dipertahankan sehingga pembangunan Kota Batam terus terjaga dan tanpa ada gangguan yang terkait keagamaan, terutama pada pemilu 2024,” katanya.

Lebih lenjut, Jefridin menyampaikan suhu politik menjelang pemilu kian meningkat. Potensi terjadinya konflik, terutama konflik horisontal, bukan tidak mungkin terjadi apabila tidak diantisipasi sejak dini.

Ia meminta peran FKUB untuk dapat mewujudkan pemilu damai, aman dan sejuk dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi Pemilu yang sebentar lagi akan digelar.

“Jagalah persatuan dan kerukunan bersama untuk mewujudkan Kota Batam aman dan kondusif guna menyukseskan pemilu 2024, serta selalu menumbuhkan semangat dan kerukunan antar umat beragama,” tutupnya.

Turut mendampingi Sekda Kota Batam Jefridin Hamid dalam rakor tersebut, Ketua FKUB Prof. Dr. Ir.Chablullah Wibisono, MM dan Kaban Kesbang Kota Batam Riama Manurung.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro mewakili Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan ucapan salam serta terima kasih atas kerja keras memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“Saya menyampaikan salam dari bapak Menteri Dalam Negeri dan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang hadir. Karena forum ini telah menciptakan suasana nyaman dalam berbangsa dan bernegara termasuk membuat nyaman dalam pemilu,” tuturnya.

Menurutnya peran FKUB sangat luar biasa bagi terciptanya situasi kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Serta Ia menekankan bahwa Negara sangat menjamim setiap orang untuk memeluk agamanya dan kepercayaannya, demi terciptanya Indonesia yang sejahtera.

“Termasuk dalam mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan harmoni,” pungkasnya.(*)

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER