Sunday, June 16, 2024
HomeBatamPemko Batam Seleksi 471 Siswa Sebagai Paskibra, Jefridin: Ikuti dengan Sepenuh Hati

Pemko Batam Seleksi 471 Siswa Sebagai Paskibra, Jefridin: Ikuti dengan Sepenuh Hati

Editor : Sudianto Pane

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mulai melakukan seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada upacara 17 Agustus 2023 mendatang.

Ada sebanyak 471 siswa yang saat ini telah melakukan pendaftaran ulang dan dinyatakan memenuhi syarat administrasi. Kemudian anggota Paskibra yang dibutuhkan untuk di Kota Batam sendiri yakni sebanyak 60 orang terdiri dari 28 putra dan 32 putri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefiridin Hamid saat mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi pada acara pembukaan seleksi Paskibra Kota Batam, menyampaikan pesan kepada semua peserta untuk dapat melaksanakan seleksi ini dengan sepenuh hati.

.Baca : 12 Kwartir Ranting se-Kota Batam Siap Ikuti Seleksi Kontingen Batam Menuju Raimuna Nasional XII Tahun 2023 di Jakarta

“Karena kalau tidak sepenuh hati, hasilnya pasti tidak maksimal‚” kata Jefridin di Dataran Engku Putri, Senin (13/3/2023).

Jefridin mengatakan tahun-tahun sebelumnya seleksi Paskibra berada di bawah tugas Dispora, namun pada tahun ini sesuai aturan yang bertanggungjawab adalah Badan Kesbangpol.

Kemudian, atas kebijakan Wali Kota Batam Muhammad Rudi, jumlah peserta seleksi yang akan pilih sebagai anggota Paskibra adalah sebanyak 60 orang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 30 orang.

Selain itu, Kota Batam juga mengirimkan 10 siswa terbaik untuk dikirim di tingkat provinsi dan nasional. Pihaknya yakin Batam juga dapat mewakili Kepri di tingkat nasional.

“Dari dua wakil Kepri yang dikirim ke nasional, biasanya minimal satu orang itu dari Batam,” katanya.

Menurutnya, menjadi anggota Paskibra mempunyai manfaat sangat banyak diantaranya dapat meningkatkan kedisiplinan siswa-siswi, membangkitkan jiwa nasionalisme pada anggotanya, sebagai wahana penyaluran bakat.

Kemudian, bisa memupuk rasa tanggung jawab dan membekali anggotanya dengan berbagai keterampilan untuk menyongsong masa depan lebih baik.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat berjalan lancar serta para peserta dapat menampilkan yang terbaik agar bisa terpilih menjadi anggota paskibra,” ucapnya.

Usai membuka kegiatan ini, Jefridin juga menyematkan tanda peserta yang disaksikan oleh sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam, Riama Manurung dalam laporannya mengungkapkan seleksi ini akan dilaksanakan selama 13 sampai 16 Maret 2023.

Jumlah pendaftar sendiri yang sebelumnya mendaftar melalui online sebanyak 864 siswa dari SMA, SMK, MA baik itu negeri maupun swasta. Kemudian yang mendaftar ulang dan dinyatakan lolos administrasi sebanyak 471 siswa.

“Adapun untuk Kota Batam jumlah yang dibutuhkan yakni sebanyak 60 orang, 28 putra 32 putri. Kemudian untuk seleksi provisi dan nasional sebanyak 10 siswa, terdiri dari 5 putra dan 5 putri,” kata Riama.

Adapun beberapa tahapan yang harus dilewati calon paskibara yakni test kesehatan, pengetahuan umum dan pancasila dan wawasan kebangsaan, Intelegensi Umum (TIU), samapta dan peraturan baris berbaris “Seleksi ini dilakukan dengan sistem gugur,” tutupnya.(*)

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER