Layanan Seluler Satelit SpaceX Lakukan Uji Coba

Editor : Sudianto Pane

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

SURYAKEPRI.COM – SpaceX mengumumkan akan menguji layanan satelit selulernya pada tahun ini. Jonathan Hofeller, Wakil Presiden SpaceX, mengatakan bahwa perusahaan berencana untuk memulai melakukan pengujian dengan layanan satelit ke seluler tahun ini.

Hal ini tidak mengejutkan, mengingat bahwa agustus lalu CEO SpaceX, Elon Musk dan CEO T-Mobile, Mike Sievert mengumumkan¬†“Coverage Above and Beyond”,kerjasama yang akan membawa konektivitas satelit ke ponsel T-Mobile yang kompatibel menggunakan SpaceX.

taboola mid article

Fitur ini bertujuan untuk memungkinkan smartphone yang kompatibel dengan operator untuk terhubung ke satelit Starlink di luar Wi-Fi.

.Baca : Kemungkinan SpaceX Buat Fasilitas Peluncuran Roket di Indonesia

Tidak seperti fitur SOS iPhone, SpaceX dan T-Mobile berencana membawa layanannya akan mengaktifkan SMS, MMS, dan perpesanan melalui beberapa aplikasi populer seperti iMessage. Mereka mengatakan bahwa ini adalah permulaan untuk membawa suara dan data di manapun anda berada.

Elon Musk mencatat bahwa memang tidak akan bisa masuk ke permainan cloud dengan layanan tersebut, namun, “konektivitas akan menjadi 2 hingga 4 Mbits per zona sel, jadi akan bekerja dengan baik untuk SMS & panggilan suara, tetapi bukan bandwidth tinggi,” kata dia seperti dilansir dari BGR, Kamis (16/3).

Pengumuman uji coba layanan satelit ini terungkap setelah SpaceX menguji layanan roaming global untuk pelanggan Starlink. Mereka juga meluncurkan Starlink Aviation baru-baru ini, layanan internet satelit untuk pesawat terbang.(*)