Thursday, April 18, 2024
HomeLainnyaNasionalMekanisme Tilang ETLE, Surat Dikirim ke Alamat Kendaraan Terdaftar 

Mekanisme Tilang ETLE, Surat Dikirim ke Alamat Kendaraan Terdaftar 

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) bakal dikirimi surat konfirmasi tilang. Surat konfirmasi itu dikirim ke alamat publik kendaraan bermotor.

Sudah banyak kamera ETLE yang terpasang di beberapa titik jalan. Belum lagi ada sistem ETLE Mobile yang terpasang pada mobil patroli polisi. Tujuannya sama, yaitu memantau para pelanggar lalu lintas sembari mengambil foto pelanggaran tersebut. Mekanisme sistem ETLE memang lebih ringkes ketimbang tilang manual.

Bermodalkan foto pelanggaran tersebut, polisi bisa melakukan penilangan terhadap pengendara. Bagaimana caranya?

.Baca : Untuk Mendukung Tilang Elektronik, Pelat Kendaraan Akan Dipasang Chip

Mengutip laman ETLE Korlantas Polri, pada tahap pertama perangkat ETLE bakal secara otomatis menangkap pelanggaran lalu lintas yang dimonitor. Kemudian barang bukti pelanggaran tersebut dikirimkan ke Back Office ETLE.

Sesudahnya, petugas di Back Office akan mengidentifikasi data kendaraan menggunakan Electronic Registration dan Identifikasi (ERI) sebagai sumber data kendaraan. Selanjutnya, petugas mengirimkan surat konfirmasi ke alamat publik kendaraan bermotor untuk permohonan konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi. Perlu diketahui surat konfirmasi ini tak berarti melanggar lalu lintas. Kalau tidak merasa melakukan pelanggaran, namun dikirimi surat tersebut, kamu tetap harus melakukan konfirmasi.

Konfirmasi bisa dilakukan pemilik kendaraan melalui laman ETLE atau datang langsung ke Posko Penegakkan Hukum ETLE. Soal proses konfirmasi ini, pemilik kendaraan diberikan batas waktu sampai dengan 8 hari dari terjadinya pelanggaran. Hal itu dilakukan untuk menghindari pemblokiran sementara.

Bila konfirmasi sudah dilakukan, barulah petugas kepolisian menerbitkan surat tilang sekaligus metode pembayaran lewat BRIVA untuk setiap pelanggaran yang telah terverifikasi untuk penegakkan hukum.

Itu tadi mekanisme sistem ETLE. Perlu diingat, surat konfirmasi tilang dikirim ke alamat kendaraan terdaftar bukan melalui pesan singkat WhatsApp seperti yang tengah beredar. Jika kamu mendapatkan pesan singkat tersebut, ada baiknya untuk diabaikan. Jangan mengklik dokumen yang disertakan karena itu merupakan modus penipuan baru dan berisiko menguras rekening kamu.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SABTU 18 MARET 2023: Aquarius Habiskan Waktu Bersama Pasangan, Libra Waktu Bersenang-senang Ringan, Cancer Kamu sangat Membutuhkan Pasanganmu, Aries Hangat dan Ramah

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK JUMAT 17 MARET 2023: Pisces Berikan Cinta dan Dukungan sama Pasangan, Sagitarius Pasanganmu  Memahami Kamu, Libra Sangat Romantis dan Emosional, Cancer Sulit Mempercayai Pasanganmu

 

Sumber: detikoto

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER