Friday, March 29, 2024
HomeHealthGampang Dibuat dan Murah Biayanya! Berikut Khasiat Rebusan Air Sereh Bagi Tubuh

Gampang Dibuat dan Murah Biayanya! Berikut Khasiat Rebusan Air Sereh Bagi Tubuh

*Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Rebusan Air Sereh sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh, sereh  merupakan tumbuhan dari Ceylon, Sri Langka lalu menyebar di beberapa daerah.

Termasuk ke dalam kualifikasi anggota rumput-rumputan dan tumbuhan yang tidak disukai nyamuk. Tanaman tradisional ini dapat tumbuh alami di daerah tropis. Cenderung digunakan untuk menjadi pelengkap bumbu masakan dapur.

Walaupun tidak mempunyai rasa yang khas, sereh dapat memberikan aroma dalam makanan supaya lebih wangi. Sehingga harumnya menyedapkan makanan. Aromanya segarnya seperti lemon.

.Baca : 8 Manfaat Lada Hitam untuk Bumbu Masakan

Ukuran sereh dapat mencapai setinggi satu meter, lebar daun dua centimeter. Berbentuk memanjang, berwarna hijau, daun ujung meruncing, tidak bertangkai tapi memiliki bau citrus saat daun diremas.

Sereh mudah ditemukan di pasaran dan harganya juga murah.

Selain aroma yang pekat bahkan mudah dicari, sereh punya sejuta khasiat bila dikonsumsi, satu diantara sebagai obat herbal. Dapat diolah juga sebagai minyak sereh dengan cara menyuling bagian atas sereh.

Minyak esensial, biasa dipergunakan sebagai aromaterapi dalam menyegarkan udara, meringkan stress, dan mempengaruhi suasana hati. Karena dalam penelitian, sereh mengandung anti mikroba, antibakteri, dan vitamin lainnya.

Bagian sereh biasa dimanfaatkan sebagai pengobatan alami tidak lain batangnya. Cara penyajian sereh juga bervariasi, tergantung pribadi.

Umumnya, membuat rebusan dari batang sereh agar jadi minuman sangat praktis. Cukup merebus beberapa batang sereh dengan air mendidih, kemudian diseduh. Penyeduhan rebusan air sereh bisa dalam keadaan dingin maupun hangat. Masyarakat juga mencampur rebusan batang sereh dengan rempah-rempah dapur lainnya seperti jahe. Dapat dikonsumi setiap hari.

.Baca : Enam Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Perlu Makan Bawang Putih Setiap Hari

Berikut manfaat umum dari rebusan batang sereh antara lain:

1. Mencegah serta memulihkan gangguan terhadap pencernaan
2. Memberikan kesegaran dalam organ mulut dan mengobati rasa nyeri gigi
3.Membersihkan dan mengeluarkan bagian zat berbahaya dari tumbuh
4.Menghilangkan aroma tubuh yang tidak sedap
5.Menenangkan saraf dan otot sehingga memberikan ketenangan
6.Menjaga kesehatan kulit dan rambut
7.Menurunkan kadar gula dan mengstabilkan tekanan darah.

(*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER