Saturday, April 20, 2024
HomeLainnyaNasionalHal-hal yang Dilarang saat Perayaan Nyepi di Bali

Hal-hal yang Dilarang saat Perayaan Nyepi di Bali

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Seperti namanya,  perayaan ini akan berlangsung hening  demi menciptakan suasana harmonis.

Larangan tertera dalam aturan Catur (Brata) Penyepian, yaitu amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian). Juga amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

.Baca : Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Kembali Dibuka Setelah Perayaan Nyepi

Berikut larangan yang dilakukan saat Hari Raya Nyepi:

Jangan Berpergian

Anda diharuskan tidak boleh jalan-jalan ke luar dan tetap tinggal di rumah atau penginapan. Jika melanggar, Anda akan diamankan oleh petugas keamanan adat yang berpatroli saat Nyepi.

Jangan Berisik

Untuk menghormati suasana yang tenang, Anda tidak boleh bersuara atau memasang volume terlalu kencang. Misalnya seperti menyalakan TV atau memainkan musik dengan volume yang kencang.

Jangan Menyalakan Api dan Lampu Beranda Rumah

Lampu beranda atau teras rumah tidak diperkenankan menyala. Nyalakan saja satu atau dua lampu kamar, tapi usahakan jangan terlalu terang atau tampak dari luar.

Jangan Melakukan Reservasi

Urungkan niat kamu yang ingin mereservasi hotel pada Hari Raya Nyepi. Dikarenakan semua operasional wisata dan transportasi ditiadakan menuju hari Nyepi.

Jangan Selfie dan Menggugah Foto

Peraturan untuk tidak selfie di jalan, merekam kegiatan Nyepi, dan mengunggahnya ke media sosial sudah disosialisasikan oleh pemerintah setempat. Kegiatan ini dianggap melanggar larangan Catur Brata di yakni ‘amati lelanguan’ (tidak boleh melakukan kegiatan hiburan).(*)

 

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK KAMIS 23 MARET 2023: Aries Hari ini Sempurna untuk Cinta, Gemini Bersikap Tenang dengan Sikap Pasanganmu, Libra Orang Ketiga Mencoba Mengganggu Hubunganmu 

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK RABU 22 MARET 2023: Capricorn Momen Spesial dengan Pasangan, Taurus Kamu Merasa Puas dan Bahagia, Virgo Membuat Kekasihmu Merasa Senang 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER