Sunday, June 16, 2024
HomeHealth10 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

10 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Timun suri adalah tanaman istimewa karena hanya banyak muncul pada saat bulan suci Ramadan. Terbukti ketika bulan puasa banyaknya ditemui pedagang buah timun suri hampir di setiap pinggir jalan.

Banyak orang belum mengetahui jika buah ini mengandung banyak nutrisi, seperti asam linoleat, glukosa, magnesium, saponin. Serta fluktosa, vitamin A, kalium, potasium, dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Timun suri termasuk ke dalam famili labu kuning (Cucurbitaceae) yang mirip dengan mentimun dan melon. Buah ini berbentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau kekuningan, mempunyai tekstur lembut, dan kaya akan air.

.Baca : Cegah Dehidrasi, Konsumsi Buah Ini Selama Puasa

Berikut ini sejumlah manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh, selama menjalani ibadah puasa. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, di antaranya:

1. Mengontrol tekanan Darah

Buah berair ini memiliki kemampuan mengontrol tekanan darah berkat kandungan potasium dalam jumlah yang baik di dalamnya. Potasium membantu mengontrol saraf, pembuluh darah, dan kontraksi otot yang selanjutnya memengaruhi tekanan darah.

2. Mengontrol Kolesterol

Kandungan serat yang tinggi pada timun suri sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol. Seratnya mampu membuang racun dan langsung membawa kolesterol jahat dalam darah.

Dengan begitu, konsumsi timun suri dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Maka dari itu, banyak orang yang memilih untuk buah ini menjadi salah satu makanan berbuka puasa.

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Daging buah timun suri ternyata baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah ini mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang mampu menunjang kesehatan jantung.

4. Kesehatan Pencernaan

Sama seperti jenis buah lainnya, timun suri baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat dan air yang tinggi pada timun suri mampu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Maka dari itu, konsumsi buah timun suri dapat mencegah beberapa masalah pencernaan. Seperti sembelit, susah buang air besar, kembung dan aebagainya.

5. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi timun suri bisa mengatur berat badan. Hal ini mungkin berkat kandungan mineral yang bermanfaat yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B6 di dalam timun suri mampu mengontrol nafsu makan. Hal itu ada agar badan tidak mengalami kalap makan.

6. Menghidrasi Tubuh

Timun suri memiliki kandungan air yang sangat baik. Dengan begitu, mengonsumsi timun suri secara teratur bisa mengembalikan hidrasi tubuh, terutama setelah seharian berpuasa.

7. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat timun suri juga bisa dirasakan pada kulit. Timun suri bisa digunakan sebagai masker wajah alami untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda.

Masker buatan sendiri ini direkomendasikan terutama bagi seseorang yang memiliki kulit kering. Sebab, buah ini baik untuk melembapkan kulit.

8. Meningkatkan Mood

Kandungan vitamin B6 pada buah timun suri mampu meningkatkan produksi hormon serotonin. Ini adalah salah satu hormon yang berperan penting dalam mengontrol mood dan memberikan perasaan bahagia.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kemampuan timun suri dalam meningkatkan mood juga berpengaruh pada pola tidur. Dengan mood yang baik, seseorang bisa terhindar dari depresi dan memperbaiki masalah tidur seperti insomnia.

Maka dari itu, mengonsumsi timun suri untuk takjil berbuka puasa, tidur akan lebih nyenyak. Jadi, mulai hari ini coba mengonsumsi buah ini untuk mwndapatkan kualitas tidur yang baik.

10. Mencegah Anemia

Ketika anda mengalami anemia, tentu tubuh tidak mendapatkan cukup darah yang mengandung banyak oksigen. Akibatnya, anda akan merasa cepat lelah atau lemah, serta mudah pusing atau sakit kepala.

Timun suri adalah salah satu buah yang bisa mencegah anemia. Sebab, kandungan zat besi dalam timun suri merupakan sebuah komponen penting dari hemoglobin.

Yaitu berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh anda selama berpuasa. (*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER