Wednesday, February 28, 2024
HomeBatamPemko Batam Gelar Pawai Takbir Idul Fitri dan Lomba Mobil Hias

Pemko Batam Gelar Pawai Takbir Idul Fitri dan Lomba Mobil Hias

Editor : Sudianto Pane

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) akan menggelar Pawai Takbir Idul Fitri tingkat Kota Batam 1444 H/2023 M, Jumat (21/04/2023). Pawai Takbir akan dipusatkan di Dataran Engku Hamidah pada pukul 19.30 WIB. Pembahasan terkait Pawai Takbir dan Lomba Kendaraan Hias ini dibuka oleh Jefridin, M. Pd. Sekretaris Daerah Kota Batam. Peserta Pawai Takbir nantinya akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Pemerintah Kota Batam, seperti tahun sebelumnya dalam rangka Idul Fitri menyelenggarakan Pawai Takbir. Selain Pawai Takbir juga akan ada lomba kendaraan hias. Untuk itu kepada tiap OPD agar dapat memberikan dukungan untuk kelancaran acara,” ujar Jefridin.

Secara teknis, Yusfa Hendri, Asisten Pemerintah dan Kesra Kota Batam menyampaikan pawai takbir akan diikuti seluruh OPD, FKPD, Instansi Vertikal dan organisasi lainnya. Untuk lomba mobil hias total hadiah yang disiapkan Pemko Batam sebesar Rp 36 juta.

.Baca : Wako dan Wawako Batam Persilakan Masyarakat yang Ingin Silahturahmi Dihari Lebaran

Yusfa mengimbau agar masyarakat Kota Batam yang ingin mengikuti lomba mobil hias untuk segera mendaftar ke Bagian Kesra Setdako Batam. Batas akhir pendaftaran lomba mobil hias yakni pada Selasa (18/04/2023) ke Bagian Kesra Setdako Batam.

Dijelaskannya, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh peserta lomba mobil hias,yaitu pertama menggunakan mobil pick up maksimal roda enam. Kedua, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter. Ketiga, peserta pawai antara 7 sampai 10 orang. Keempat, peserta dapat menampilkan logo dan slogan.

Kelima, dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan. Keenam, kontruksi hiasan atau dekorasi dirancang sedemikian rupa dan tetap mempertimbangkan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas (pandangan pengemudi dan penerangan).

“Untuk kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Idul Fitri, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakkan dan ketertiban dalam berlalu lintas,” sebut Yusfa.

Untuk kendaraan hias maupun kendaraan pendukung yang akan ikut serta dalam pawai takbir menurutnya sudah dapat berkumpul di Dataran Engku Hamidah pada pukul 14.00 Wib. Pawai akan dimulai dari Dataran Engku Hamidah melewati rute Simpang Rosedale lalu Simpang Frengky, kemudian menuju Simpang Kabil serta Simpang Panbil dan berakhir di Bundaran Tembesi.

“Bagi peserta pendukung kami imbau agar lebih mengutamakan keselamatan berkenderaan terutama yang menggunakan lori terbuka yang diisi oleh anak-anak. Pawai Takbir ini diperuntukkan kendaraan roda empat saja,” ucapnya.(*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER