Saturday, April 20, 2024
HomeHealthAgar Perut Tak Buncit, Lakukan 5 Hal Ini

Agar Perut Tak Buncit, Lakukan 5 Hal Ini

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Perut rata bagai papan cucian bukan soal makan salad tiap hari dan rajin pergi ke gym. Membentuk perut rata serta mencegah perut buncit adalah soal membangun kebiasaan baru yang lebih menyehatkan. Anda tidak perlu muluk-muluk mengubah segala sesuatunya sekaligus.

Sebaiknya, mulai dari menyelipkan kebiasaan-kebiasaan baik di pagi hari. Mulai dari minum air putih hangat saat bangun tidur, tidak melewatkan sarapan hingga berjemur guna mendorong fungsi metabolisme.

Berikut lima kebiasaan yang cegah perut buncit.

1. Sarapan

Sepadat apapun aktivitas, tetap sediakan waktu untuk sarapan. Anda bisa mengisi perut dengan sandwich telur, tomat, dan selada, atau sesederhana semangkuk sereal dan susu.

Sebagaimana dilansir NDTV, melewatkan sarapan akan mengacaukan metabolisme tubuh dan memperlambat proses pembakaran lemak. Tidak sebatas itu, tidak sarapan bakal membawa dampak buruk sepanjang hari seperti rasa lapar berlebih dan ‘ngidam’ makanan tinggi kalori.

Waktu terbaik untuk sarapan adalah sesegera mungkin setelah bangun tidur atau maksimal 2 jam setelah bangun.

2. Menu sarapan tidak ‘polos’

Oatmeal, sereal juga yogurt jadi menu sarapan favorit dan menyehatkan. Semuanya pun praktis disajikan. Namun bukan berarti ketiganya cukup dinikmati dalam kondisi ‘polos’ begitu saja. Justru untuk menuju perut rata, sebaiknya tambahkan buah-buahan.

Riset yang dipublikasikan di BMJ menyebut flavonoid, lebih spesifik antosianin, pada blueberry, stroberi dan ceri bisa membantu menurunkan berat badan. Melansir dari Prevention, konsumsi 10 miligram antosianin per hari membuat peserta riset turun berat badan 0,09 kilogram.

3. Minum air putih hangat

Para ahli menyarankan untuk minum air putih hangat terutama saat perut kosong. Seperti dilansir Times Now News, air putih hangat akan membantu meningkatkan pencernaan, membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan pergerakan usus.

Suhu hangat akan meningkatkan suhu tubuh lalu akan meningkatkan metabolisme. Saat metabolisme meningkat, kalori lebih mudah terbakar sehingga membantu menurunkan berat badan. Namun jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan sepanjang hari.

4. Aktivitas fisik

Meski hanya sebentar, sediakan waktu untuk melakukan aktivitas fisik. Berdasar studi yang dipublikasi di Obesity, orang yang aktif secara moderat akan menurunkan akumulasi lemak perut 7 persen.

Tidak hanya menurunkan berat badan, olahraga di pagi hari akan membuat tubuh segar sepanjang hari. Tidak harus ke gym atau melakukan olahraga yang terprogram. Cukup jalan kaki, skippingsit-uppush-up atau plank.

5. Berjemur

Selama ini seruan untuk berjemur digencarkan untuk meningkatkan sistem imun. Namun sebenarnya kebiasaan berjemur juga akan membantu Anda memiliki perut rata.

Paparan sinar matahari akan membuat Anda lebih energik sekaligus meningkatkan metabolisme. Beberapa menit di bawah sinar matahari bakal menurunkan indeks massa tubuh. (*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER