Wednesday, June 26, 2024
HomeLainnyaNasionalAdvokat Filemon Halawa Raih Juara 1 se-Indonesia Bimtek Sangketa Pemilu 2024

Advokat Filemon Halawa Raih Juara 1 se-Indonesia Bimtek Sangketa Pemilu 2024

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Filemon Halawa salah satu utusan dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Pimpinan Daerah Kepulauan Riau, meraih juara 1 se-Indonesia pada hasil tes Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2024 bagi Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) sebanyak 148 peserta dari 38 provinsi.

Dalam acara yang diselenggarakan Senin (22/5) sampai dengan Kamis (25/5) tersebut diselenggarakan di Cisarua, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Saat bimbingan teknis dibagi dalam empat kelas. Filemon yang akrab disapa Leo Halawa salah satu utusan Kepri mendapatkan kesempatan pada Kelas IV. Dari kelas I sampai dengan kelas IV disaring satu orang juara terbaik mengerjakan soal praktik PHPU.

Para peserta dibebankan membuat rancangan bila mana menghadapi sangketa Pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi Indonesia.

“Dan kita bersyukur, kita mendapatkan kesempatan menjadi terbaik pertama di kelas IV. Ini tentu kita persembahkan kepada PKN pada umumnya dan khususnya bagi Kepulauan Riau,” kata Leo Halawa saat dikonfirmasi awak media ini.

Kepala Bidang Program dan Penyelenggaraan Pusat Studi Pendidikan dan Pelatihan (Pusdik) Pancasila dan Konstitusi Mahkamah Konstitusi , Nanang Subekti menyerahkan apresiasi kepada empat pemenang masing-masing kelas dari seluruh provinsi yang ikut, termasuk kepada utusan Pimda PKN Kepri Filemon Halawa.

“Selamat kepada empat orang peraih terbaik di masing-masing kelas. Kami berharap, apa yang sidang dipelajari dan dipraktikkan di Bimtek ini dapat bermanfaat bagi partainya,” kata Nanang Subekti.

Penyerahan pengharagaan kepada pemenang diserahkan langsung oleh Nanang Subekti dan Sekjen PKN Sri Mulyon. Untuk diketahui, Pembukaan Bimtek pada Senin, (22/5/2023) di Cisarua, Bogor, Jawa Barat dibuka oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Anwar Usman.

“Kami berharap, seluruh peserta dapat memperoleh dan mengimplementasikan ilmu yang didapat dari sini,” ujar Prof. Anwar Usman.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Gede Pasek Suardika mengatakan, berterima kasih kepada MK telah memberikan kesempatan bagi keluarga PKN sebagai peserta.

“Kami harap, jangan disia-siakan kesempatan ini. Karena Bimtek ini sangat bermanfaat bagi kita semua untuk mempertahankan Konstitusi dan mengamankan gak Konstitusi kita pada pemilu 2024 mendatang. Dan Terima kasih buat MK yang telah memberikan kesempatan,” ucap Gede Pasek Suardika.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah (Pimda) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Kepulauan Riau Yenni Marlina mengatakan, ada dua Advokat utusan Kepri yang diutus pada acara Bimtek. Yakni Filemon Halawa dan Palti Siringoringo.

“Kita bangga tentunya dengan partai ini. Semoga menjadi sahabat semua masyarakat bagi semua golongan dengan semangat Nusantara. Harapan 2024, PKN keluar sebagai pemenang,” harap Yenni.

Yenni Marlina berharap, dalam waktu dekat sesuai dengan arahan Ketum dan jajaran pengurus Pimnas PKN akan membentuk wadah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) PKN untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kita kita bagi seluruh lapisan masyarakat Kepri khusus yang membutuhkan pendampingab masalah hukum. Bahwa semangat kenusantaran kita bersatu untuk kemajuan bersama,” ujarnya.(*)

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER