Monday, July 15, 2024
HomeBatamRatusan Ribu Warga Batam Asal Jawa Hadiri Halal Bihalal Punggowo

Ratusan Ribu Warga Batam Asal Jawa Hadiri Halal Bihalal Punggowo

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Diperkirakan seratus ribu lebih warga Batam asal Jawa menghadiri Halal Bihalal Paguyuban Punggowo ke-XI yang berlangsung di Alun-alun Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, Minggu (28/05/2023).

Halal bihalal ini akan dihadiri sejumlah tokoh penting dan dimeriahkan dengan berbagai kesenian Jawa, artis ibukota, bazar kuliner khas Jawa, dan berbagai luckydraw berupa 26 unit sepeda motor, puluhan sepeda , kulkas, mesin cuci , hp, dan sebagainya.
Halal Bihalal Punggowo 2023 mengambil tema tema Mohon Mangesti Mangasthi, Marem atau Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk menselaraskan antara ucapan dan perbuatan sehingga dapat berguna bagi sesama.

Selain atraksi kesenian dipanggung utama, di kawasan alun-alun juga berlangsung atraksi dari komunitas kesenian Jawa seperti Topeng Ireng Putra Tidar, Turonggo Jati, Lingga Mas, Sekar Pancur Tirta Kencana, Langgeng Mukti Budoyo, Angklung Pringgodansa, Angklung New Angkasa, Sri Joyo Buntoro, Satrio Kencono Buana Laras, Manunggal Bahurekso Batam, Musik Kontemporer . Juga puluhan stand kuliner khas Jawa serta stand cek kesehatan gratis.

Ki Carik Pungggowo Ir Sulistyana MT mengatakan, antusias warga Batam asal Jawa sangat besar mengingat halal bihalal Punggowo sempat terkendala saat masa Covid-19. Antusias tersebut terlihat dari banyaknya anggota paguyuban yang akan hadir dan terlibat dalam halal bihalal tahun ini.

Dikatakan, halal bihalal ini diikuti 41 grup kesenian tradisional Jawa dan dihadiri 115 paguyuban dan 36 komunitas. “Acara akan berlangsung dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Perkiraan yang akan menghadiri acara ini 150 ribu orang,” ujar Sulistyana.

Ki Lurah Punggowo, Dr Soerya Respationo SH MH dalam arahan saat gladi bersih mengatakan, tema yang diambil relefan dengan situasi kekikian dimana tahun 2023 merupakan tahun dimulainya tahun politik.

Dikatakan, di tahun politik, Soerya Respationi mengatakan, pilihan politik merupakan hak semua warga, namun apapun partai politiknya atau siapapun pilihan presidennya, sudah menjadi tugas warga Punggowo ikut meredam adanya perpecahan.

Soerya Respationo yang merupakan tokoh Kepri dan Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri mengingatkan di Batam, warga Batam asal Jawa mencapai 32 persen atau sekitar 400 ribu. Soerya mengingatkan agar selalu mengutamakan prinsip dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung dengan bisa berbaur dengan siapa saja dan dari suku mana saja. Namun dia mengingatkan juga agar tidak melupakan tradisi, adat istiadat dan budaya Jawa.(*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER