Saturday, June 15, 2024
HomeLainnyaNasionalTol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Ditargetkan Selesai Juli 2023

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Ditargetkan Selesai Juli 2023

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat selesai pada Juli 2023. Karena itu, Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mempercepat pembangunan jalan tol sepanjang 143,2 kilometer tersebut.

Demikian disampaikan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, Senin (29/5/2023). “Kehadiran jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas di Sumatra Utara dan mempermudah akses wisatawan ke Danau Toba,” ujarnya.

Ruas tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat bersama tol Tebing Tinggi-Indrapura-Kisaran merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra. “Tol Tebing Tinggi-Indrapura-Kisaran adalah tulang punggung jalan logistik,” ucap Endra.

.Baca : Presiden Jokowi Terjang Lubang Besar di Jalan Sumatera Utara

Selain membangun jalan logistik, Kementerian PUPR juga membangun feeder-nya. Feeder pertama dari Indrapura ke Kuala Tanjung dan yang kedua dari Tebing Tinggi ke arah pariwisata Parapat.

Pembangunan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dibagi menjadi enam seksi. Seksi 1-4 dikerjakan melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha PT Waskita Karya dan PT Hutama Karya.

Sedangkan pembangunan seksi 5-6 sepenuhnya menjadi bagian pemerintah. Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 kilometer sudah rampung 100 persen.

Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung (18,05 kilometer) sudah selesai 87,2 persen, dan Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan (30 kilometer) 79,3 persen. Sementara Sesi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 kilometer telah mencapai 63,7 persen.

Kedua seksi akhir yang menjadi bagian pemerintah saat ini masih dalam tahap finalisasi desain. Yaitu Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok (22,30 kilometer) dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat (16,70 kilometer).

Pada seksi 1-3 saat ini tinggal pekerjaan MCB, guard rail, penanganan jalan, gate, pekerjaan tebing, dan marka jalan. “Saya kira tinggal merapikan saja, mudah-mudahan semua bisa selesai pada bulan Juli,” ujar Endra.

Menurut dia, ruas Tebing Tinggi-Serbelawan akan dibuka dan diresmikan setelah uji laik fungsi. “Nantinya lalu lintas yang biasa macet di Tebing Tinggi akan bisa diuraikan,” ujar Endra.(*)

 

Sumber:rri.co.id

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER