Saturday, May 18, 2024
HomeLainnyaNasionalStaf Khusus Menkeu Ungkap Perusahaan Jusuf Hamka Berutang Rp 775 M Kepada...

Staf Khusus Menkeu Ungkap Perusahaan Jusuf Hamka Berutang Rp 775 M Kepada Pemerintah

* Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo membeberkan, perusahaan milik Jusuf Hamka, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) punya utang ke negara hingga Rp 775 miliar. Angka ini berkaitan dengan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

“(Utang CMNP) Rp 775 miliar, sekitar itu,” kata Yustinus kepada detikcom, Selasa (13/6/2023).

Yustinus menjelaskan, utang tersebut merupakan utang CMNP kepada pemerintah melalui tiga perusahaan yang berada di bawah naungan perusahaan tersebut.

“Iya hak tagih negara atas 3 perusahaan yang terafiliasi dengan Bu SHR (Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut),” ujarnya.

Adapun utang tersebut sebelumnya juga telah disinggung oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban. Namun pada kala itu, Rional tidak menyebutkan secara rinci berapa besarannya.

“Kami sendiri masih memiliki tagihan kepada 3 perusahaan di bawah grup Citra. Nggak ingat angkanya, ratusan miliar, grup Citra ya, terkait BLBI juga,” kata Rionald kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Di sisi lain, Jusuf Hamka justru membantah memiliki kewajiban utang ke negara. Ia memastikan perusahaannya bersih dari utang. Ia memastikan CMNP tidak memiliki utang BLBI. Jika benar ada, ia mengaku akan menggantinya 100x lipat lebih banyak.

“Bohong, mana ada, periksa aja. Nggak benar itu, nggak ada, kalau ada sudah ditagih dan kita nggak ada penagihan apa-apa. Nggak ada, bersih itu CMNP,” kata Jusuf Hamka.

Jusuf Hamka juga membantah jika terafiliasi dengan Bank Yama milik Tutut Soeharto. “Kalau Citra yang lain saya nggak tahu, CMNP ini kan public company, bukan Tutut punya. Kalau Citra yang lain punya Mba Tutut itu urusan lain, ini kan beda entitas,” tegasnya. (*)

 

Sumber: detik

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER