Singapura Dilanda Kasus Korupsi, Menteri dan Pengusaha Miliarder Ditangkap

Foto: Singapura (AP/Yong Teck Lim)
Foto: Singapura (AP/Yong Teck Lim)

SURYAKEPRI.COM – Singapura sedang dilanda kasus korupsi yang membuat geger publik. Menteri Transportasi Singapura S. Iswaran ditangkap pada Selasa, 11 Juli 2023 namun ia dibebaskan dengan jaminan, menurut Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB) pada Jumat, 14 Juli 2023.

Ini adalah pengakuan pertama dari tentang penahanan Iswaran. Kasusnya pertama kali muncul pada Rabu bahwa dia membantu lembaga antikorupsi dengan mengungkapkan kasus ini. Masih belum ada rincian tentang kasusnya.

Biro Investigasi Praktik Korupsi atau CPIB juga menanggapi soal penangkapan pengusaha miliarder Ong Beng Seng, yang diungkapkan perusahaannya Hotel Properties Limited (HPL) pada Jumat pagi. Taipan Malaysia yang berbasis di Singapura itu diminta oleh CPIB untuk memberikan informasi terkait hubungannya dengan Iswaran.

CPIB mengatakan Ong ditangkap pada hari Selasa juga. Ia lalu dibebaskan dengan jaminan. “Sebagai bagian dari jaminan, paspor Ong disita,” kata agensi tersebut. “Namun pelaku tetap bisa bepergian ke luar negeri. CPIB akan menilai permintaan tersebut berdasarkan kasus per kasus.”

CPIB mengatakan pihaknya menilai dan menyetujui permintaan Ong untuk bepergian ke luar negeri. Ia harus membayar jaminan yang dinaikkan menjadi S$ 100.000. “Sekembalinya Ong, ia wajib melapor ke CPIB dan menyerahkan paspornya,” ujar CPIB.