Wednesday, February 28, 2024
HomeLainnyaNasionalPeringatan Dini Gelombang Tinggi di Beberapa Wilayah, Termasuk di Kepulauan Riau

Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Beberapa Wilayah, Termasuk di Kepulauan Riau

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi hujan diperkirakan terjadi di Jambi pada Senin, 28 Agustus 2028, hari ini. BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas lebat kemungkinan terjadi di Padang.

Adapun hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di Medan. Sedangkan hujan ringan turun di Banda Aceh, Samarinda, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Jayapura dan Manokwari, Pekanbaru.

Ibu kota provinsi yang diperkirakan diselimuti asap ada di Banjarmasin. Sedangkan kabut menutupi kota Jambi dan Pekanbaru. BMKG menyebut suhu udara berkisar antara 20 – 35°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Banjarmasin.

Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status waspada terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. Tidak ada provinsi berstatus siaga.

BMKG memantau pergerakan Siklon Tropis Saola. “Siklon terpantau berada di perairan timur Filipina, dengan kecepatan angin maksimum 100 knots dan tekanan udara minimum 935 mb bergerak ke arah selatan – tenggara menjauhi wilayah Indonesia,” demikian dikutip dari BMKG.

Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Saola meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah timur laut. Wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang adalah NTB, NTT, dan Sulawesi Barat.

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 28-29 Agustus 2023.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari selatan – barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur – tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Makassar bagian selatan, Laut Maluku, Laut Banda, perairan Kep. Tanimbar dan Laut Arafuru.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 2.5 – 4 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Kep. Mentawai – Lampung, perairan, Kep. Enggano, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, Samudra Hindia selatan Banten – Jawa Tengah, perairan selatan Kep. Tanimbar danLaut Arafuru bagian tengah.

Lokasi dan waktu potensi terjadinya banjir pesisir (rob)

Pesisir Kep. Riau (Pesisir Dabo Singkep) pada tanggal 27 – 31 Agustus 2023

-Pesisir Kep. Riau (Pesisir Tanjung Pinang) pada tanggal 28 Agustus – 4 September 2023

-Pesisir utara DKI Jakarta (Kamal Muara, Kapuk Muara, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru, Muara Angke, dan Penjaringan) pada tanggal 26 – 30 Agustus 2023

-Pesisir Jawa Timur (Surabaya Barat) pada tanggal 27 Agustus – 02 September 2023

-Pesisir Kalimantan Barat pada tanggal 28 – 31 Agustus 2023

-Pesisir Maluku (Teluk Ambon, Saumlaki, Banda, pesisir selatan Pulau Seram, Kep. Kai, Kep. Dobo, Kabupaten Seram bagian timur) pada tanggal 27 Agustus – 4 September 2023

-Pesisir Maluku Utara (pesisir selatan Taliabu, pesisir Kep. Sula, Pesisir Mangole) pada tanggal 27 – 31 Agustus 2023.

 

Sumber: tempo

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER