Thursday, July 25, 2024
HomeHealthKonsumsi 6 Jenis Makanan Berikut Ini Agar Tidak Nyeri Saat Menstruasi

Konsumsi 6 Jenis Makanan Berikut Ini Agar Tidak Nyeri Saat Menstruasi

* Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Berikut adalah makanan yang harus Anda tambahkan ke dalam pola diet agar merasa enak dan tetap energik saat nyeri menstruasi.

Saat datang bulan atau menstruasi, perubahan suasana hati, terasa kembung, dan kram perut sering terjadi, meski dianggap sebagai gejala yang wajar namun ada cara untuk meminimalisir derita saat haid. 

Berikut adalah makanan yang harus Anda tambahkan ke dalam pola diet agar merasa enak dan tetap enerjik saat menstruasi, dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu.

1. Jeruk

Buah jeruk juga direkomendasikan oleh Ayurveda untuk manfaat kesehatan secara keseluruhan. Ini juga dianggap sebagai makanan anti-diabetes karena meningkatkan kadar gula darah, metabolisme dan diketahui mencegah akumulasi racun.

2. Pisang

Dengan kandungan vitamin B6 yang kaya, pisang dapat membantu meringankan perubahan suasana hati dan mengurangi kembung. Pisang juga menyediakan sumber energi yang cepat dan membantu mengatur pergerakan usus.

3. Kurma

Sebagai sumber zat besi alami, kurma dapat membantu melawan potensi hilangnya zat besi selama menstruasi. Buah kurna juga mengandung serat dan gula alami yang dapat memberikan energi berkelanjutan.

4. Kenari

Kacang kenari memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi, kacang ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kram dan ketidaknyamanan. Serta menyediakan nutrisi penting seperti protein, serat, dan magnesium.

5. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri yang dapat membantu meringankan kram menstruasi. Ini juga membantu pencernaan dan dapat membantu meringankan rasa mual yang dialami beberapa wanita selama menstruasi.

6. Teh Herbal

Teh herbal seperti kamomil, peppermint, atau daun raspberry dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh. Chamomile dan peppermint dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit, sedangkan teh daun raspberry dianggap dapat mengencangkan rahim dan mendukung kesehatan reproduksi secara keseluruhan. (*)

 

Sumber: cantika

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER