Tuesday, July 23, 2024
HomeHealthTahukah Mengapa Susu Bisa Berwarna Putih? Ini Penjelasannya

Tahukah Mengapa Susu Bisa Berwarna Putih? Ini Penjelasannya

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Susu, cairan berwarna putih adalah bahan makanan dan sumber gizi. Warna putih ini dihasilkan oleh kelenjar ambing yang terdapat pada hewan mamalia betina seperti sapi, kambing, unta, bahkan kerbau, mengeluarkan hasil kelenjar ini.

Dikutip dari www.vpr.org susu tampak putih karena di dalamnya terdapat lemak dan juga protein yang disebut dengan kasein.

“Itu menggambarkan gelombang yang membuat susu terlihat putih,” kata Christine Scales dari Billings Farm.

Jika Anda pernah melihat susu skim bersebelahan dengan susu lemak utuh, kemungkinan akan tampak sedikit lebih kebiruan. Ini karena di dalam susu skim tidak ada kandungan lemak yang membuatnya tampak putih.

www.cheesescience.org melansir susu berwarna putih ada kaitannya dengan struktur dari susu itu sendiri.

“Susu merupakan emulsi butiran lemak susu yang terdapat dalam lingkungan berair.”

Ini berarti akan tampak sekelompok gumpalan lemak kecil yang didistribusikan dalam fase air susu.

Adapun sekelompok misel kasein yang didistribusikan dalam fase air susu akan tampak jika memperbesar susu lebih jauh lagi. Gumpalan lemak dan misel kasein memberikan warna pada susu.

Saat terkena butiran lemak dan misel kasein, cahaya yang dipantulkan akan memberikan warna putih buram. Sedangkan gumpalan lemak pada susu skim banyak yang sudah dihilangkan.

Misel kasein paling banyak menyebarkan cahaya dalam rentang rentetan warna biru. Hal inilah yang menyebabkan kadang kala susu skim terlihat berwarna agak biru.

www.dairy.com.au menyatakan untuk membentuk partikel kecil yang disebut dengan nama misel, kasein yang merupakan salah satu jenis protein utama dalam susu, berkumpul bersama dengan kalsium dan fosfat. Susu terlihat putih saat cahaya mengenai misel kasein yang menyebabkan cahaya menjadi membias dan menyebar.

Sebelumnya, lemak atau krim susu sapi yang berwarna kuning akan terpisah dan naik ke atas botol dan menghasilkan susu yang berwarna pucat. Terutama saat susu dalam botol ditutup dengan aluminium.

Dengan standarisasi, variasi warna alami akan terjadi pada susu dan menjadi warna putih cerah yang konsisten. (*)

 

Sumber: tempo.co

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER