Saturday, May 18, 2024
HomeKarimunNursery Mangrove PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur Lakukan Pembibitan 3...

Nursery Mangrove PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur Lakukan Pembibitan 3 Jenis Mangrove

spot_img

Nursery Mangrove PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur Lakukan Pembibitan 3 Jenis Mangrove

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – PT Timah Tbk secara konsisten melaksanakan penanaman mangrove di wilayah operasional perusahaan.

Penanaman mangrove merupakan langkah nyata perusahaan untuk menjaga ekosistem pesisir dan menahan laju krisis iklim.

Untuk mendukung kegiatan program penanaman mangrove di wilayah operasional perusahaan, PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) juga melakukan pembibitan mangrove di lokasi Nursery Mangrove.

Baca juga: Pokdakan Maju Bersama dan PT Timah Tbk Panen Siput Isap Hasil Budidaya di Kundur

Nursery Mangrove PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur melakukan budidaya beberapa jenis bibit mangrove yang tersedia seperti perpat, api-api dan bakau.

Saat ini jumlah bibit mangrove yang berada di Nursery sebanyak 10.376 bibit yang terdiri 3.500 bibit bakau, 6.456 batang jeni api-api dan perpat sebanyak 450 batang.

Selain melakukan pembibitan sendiri, PT Timah Tbk juga tetap mengambil bibit dari hasil budidaya masyarakat.

Baca juga: Gerakan Satu Kebaikan, PT Timah Tbk Bersama Warga dan Nelayan Sawang Laut Tanam 1000 Mangrove

Hal ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan menjelaskan,  pembibitan mangrove untuk mendukung kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan perusahaan.

Di mana PT Timah Tbk kerap melaksanakan penanaman mangrove di wilayah pesisir baik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) maupun di Provinsi Kepri.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, PT Timah Tbk Dukung Kegiatan Tanam 1000 Mangrove di Desa Pangke Barat

Penanaman mangrove sebagai upaya untuk membantu mencegah abrasi, menjaga ekosistem pesisir dan untuk menahan laju krisis iklim.

“Jika ekosistem mangrove terjaga dapat memberikan banyak manfaat bagi lingkungan maupun masyarakat di sekitar. Apabila mangrove terjaga ekosistem di sekitarnya juga akan berkembang dengan baik, apalagi mangrove merupakan habitatnya ikan, udang dan kepiting sehingga berdampak pada kelompok nelayan,” kata Anggi Siahaan dalam press realese yang diterima dapur redaksi Suryakepri.com, Jumat (3/11/2023).

Bibit mangrove bakau, salah satu jenis mangrove yang tengah dibibitkan Nursery Mangrove PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur, Kabupaten Karimun, Kepri. Foto Suryakepri.com/Humas PT Timah Tbk

PT Timah Tbk sendiri telah menanam puluhan ribu mangrove di wilayah pesisir medio 2016-2022. Jumlah mangrove yang sudah ditanam anggota holding Industri Pertambangan MIND ini mencapai 44.050 batang.

Baca juga: PT Timah Tbk Sosialisasikan Rencana Pemasangan Penahan Abrasi ke Warga Sawang Kundur

Dalam melaksanakan penananam mangrove, PT Timah Tbk juga kerap berkolaborasi dengan kelompok masyarakat seperti nelayan, mahasiswa dan kelompok pemuda. (*/)

Penulis: Rachta Yahya

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER