Tuesday, March 5, 2024
HomeBatamMasyarakat Diimbau Waspada, Ada Pihak-pihak Mengatasnamakan Pejabat Pemko Batam Melalui Media Sosial...

Masyarakat Diimbau Waspada, Ada Pihak-pihak Mengatasnamakan Pejabat Pemko Batam Melalui Media Sosial Untuk Mencari Keuntungan Pribadi

Editor : Sudianto Pane

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap berbagai bentuk penipuan. Terutama dengan memanfaatkan media sosial.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan masyarakat diharapkan selalu bijak dan berhati-hati saat menggunakan media sosial. Baik itu WhatsApp, Facebook, Instagram, Tik Tok dan yang lainnya

“Karena baru-baru ini banyak penipuan yang mengatasnamakan pejabat di lingkungan Pemko Batam,” kata Rudi Panjaitan, Selasa (14/11/2023).

Dijelaskannya bahwa modus yang sering digunakan para penipu biasanya adalah dengan mengkloning akun Facebook dan juga nomor WhatsApp para pejabat Pemko Batam. Kemudian menggunakan foto profil yang sama dengan akun aslinya.

Selanjutnya, para penipu tersebut biasanya menghubungi masyarakat dengan random dan menawarkan atau menjanjikan sesuatu yang dapat merugikan masyarakat. Selain itu ada juga yang berpura-pura meminjam uang dengan janji akan segera dikembalikan.

“Modus-modus seperti sangat banyak, karena itu masyarakat harap selalu waspada,” katanya.

Imbauan yang sama juga disampaikan kepada para pegawai di lingkungan Pemko Batam, agar selalu cermat dan bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan mudah percaya jika ada pejabat Pemko Batam yang menjanjikan untuk promosi jabatan kepada pegawai dengan membayar sejumlah uang.

“Karena yang terbaru, akun Facebook Kepala BKPSDM Kota Batam, Ibu Hasnah juga dikloning oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.(*)

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER