Monday, May 20, 2024
HomeHealthTips Menghilangkan dan Pencegahan Rambut Anak yang Berkutu

Tips Menghilangkan dan Pencegahan Rambut Anak yang Berkutu

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Cara menghilangkan kutu rambut pada anak tidaklah sulit. Meski kutu rambut tidak berbahaya, kondisi ini bisa membuat anak merasa gatal dan tidak nyaman di bagian kepalanya. Kutu rambut juga bisa menimbulkan luka akibat garukan, yang nantinya bisa berkembang menjadi infeksi.

Rasa gatal akibat kutu rambut bisa timbul di kulit kepala, bagian belakang telinga, atau belakang leher, dan bisa menetap selama berminggu-minggu atau bahkan setelah kutu hilang.

Jika Si Kecil terkena kutu rambut, parasit ini perlu segera dibasmi. Selain agar Si Kecil bisa kembali beraktivitas dengan nyaman, pentingnya menerapkan cara-cara menghilangkan kutu rambut pada anak adalah untuk mencegah penyebarannya ke orang lain.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut pada Anak

1. Gunakan sisir serit

Salah satu cara sederhana dan ampuh untuk menghilangkan kutu rambut pada anak adalah dengan menyisir rambutnya menggunakan sisir serit. Sisir bergigi halus ini dapat menyaring dan mengangkat kutu rambut beserta telurnya.

Langkahnya meliputi:

  • Basahi rambut dan kulit kepala Si Kecil, agar kutu tidak mudah bergerak.
  • Oleskan kondisioner pada rambut Si Kecil, agar rambut bisa lebih mudah disisir.
  • Sisir rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut.
  • Buang kutu dan telurnya dari sisir serit. Untuk memudahkan, Anda bisa menyeka sisir serit dengan tisu atau kertas. Setelah itu, bilas sisir dengan air hangat.
  • Ulangi penyisiran rambut Si Kecil secara rutin setiap 3–4 kali sehari, minimal 3 minggu, hingga kutu benar-benar hilang.

Untuk mengurangi rasa gatal dan membantu membasmi kutu, Anda bisa mengoleskan minyak esensial yang mengandung ekstrak tea tree oil, cengkeh, mint, minyak kayu putih, atau lavender, ke kulit kepala Si Kecil. Minyak ini juga bisa dicampurkan ke kondisioner saat menyisir rambutnya.

2. Menggunakan obat pembasmi kutu

Kutu rambut pada anak juga bisa dihilangkan dengan menggunakan obat pembasmi kutu rambut, seperti permethrinlindane, dan spinosad. Obat ini tersedia dalam bentuk sampo, krim, dan losion rambut.

Namun, sebelum menggunakan obat pembasmi kutu pada rambut Si Kecil, perhatikan hal-hal berikut:

  • Ikuti petunjuk dan cara penggunaan obat kutu di setiap kemasan produk.
  • Jangan biarkan Si Kecil menggunakan obat kutu sendiri, agar obat tidak tertelan olehnya.
  • Jangan menggunakan obat pada anak usia 2 tahun ke bawah tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.
  • Selalu bilas obat di atas wastafel menggunakan air hangat dan jangan saat mandi, sehingga obat tidak mengalir dari kepala ke area kulit lainnya.
  • Simpan obat pembasmi kutu rambut jauh dari jangkauan Si Kecil.
  • Jaga agar Si Kecil tidak menyentuh atau menggaruk kulit kepalanya ketika diberikan obat pembasmi kutu.

Tips Mencegah Penyebaran Kutu Rambut

Kutu rambut mudah sekali menular. Untuk mencegah penyebaran kutu rambut dari Si Kecil ke orang lain, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  • Bersihkan barang-barang di kamar Si Kecil secara berkala, seperti baju, seprai, handuk, topi, boneka, menggunakan air panas dan keringkan di bawah sinar matahari.
  • Vakum karpet dan semua furnitur berlapis kain yang ada di rumah secara teratur.
  • Rendam dalam air panas barang-barang yang biasa digunakan Si Kecil untuk rambutnya, seperti sisir, jepit rambut, atau ikat rambut. Beri tahu ia untuk tidak meminjamkan barang-barang tersebut ke orang lain.
  • Beri tahu Si Kecil agar menghindari kontak langsung dengan anak-anak lain di sekolah atau di sekitar rumah.

Kutu rambut pada anak memang cukup meresahkan, terlebih jika sudah membuat anak sering rewel dan susah tidur. Namun, kondisi ini bisa diatasi dan dicegah dengan cara-cara di atas.

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara menghilangkan kutu rambut pada anak, tapi parasit ini masih bertahan, sebaiknya periksakan kondisi Si Kecil ke dokter. Dengan demikian, dokter bisa memberikan pengobatan kutu rambut yang tepat dan mencegah penularannya. (*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER