Thursday, July 25, 2024
HomeBatamMiliki Kampung Germas Terbanyak Se Kepri, Batam Juara 1 Penghargaan Germas Award...

Miliki Kampung Germas Terbanyak Se Kepri, Batam Juara 1 Penghargaan Germas Award Tingkat Propinsi Kepri Tahun 2023

Editor : Sudianto Pane

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berhasil menjadi juara1 evaluasi dan refleksi implementasi Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas) Tingkat Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Berhasilnya Batam meraih Penghargaan Germas Award tingkat Provinsi Kepri Tahun 2023 karena Batam memiliki Kampung Germas terbanyak di provinsi Kepri sebanyak 37 Kampung Germas Kelurahan dan 12 Pokja Germas Kecamatan.

Juga memiliki Perwako dan dua SK Walikota tentang Forum Kota Germas dan SK Organisasi Germas. Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengungkapkan penghargaan ini merupakan keberhasilan Pemko Batam untuk menciptakan budaya masyarakat hidup sehat. Jefridin menuturkan, Pemprov Kepri telah melakukan evaluasi dan refleksi implementasi Germas pada 8 November 2023 lalu.

“Pemerintah Kota Batam sudah melaksanakan Kampanye Germas secara aktif di Kota Batam sejak tahun 2019 sampai dengan saat ini. Saat ini Kampung Germas di Kelurahan yang sudah ditetapkan dengan SK Walikota ada 37, Insyaallah pada awal tahun depan Kampung Germas sudah Kita canangkan di 64 Kelurahan se Kota Batam,” katanya bangga.

Penghargaan ini menurutnya adalah prestasi membanggakan karena dari tujuh kabupaten/kota se Provinsi Kepri, Kota Batam berhasil menjadi juara satu. Dijelaskannya Germas merupakan program nasional oleh Presiden Republik Indonesia yang menginstruksikan kepada Kepala Daerah sesuai dengan instruksi Presiden RI nomor 1 tahun 2017, sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

“Dalam Inpres disebutkan bahwa selain bertujuan untuk pencegahan dan pengendalian PTM, Germas juga dimaksudkan untuk pencegahan penyakit menular. Mengacu pada Inpres No.1/2017, Kepala Daerah diamanatkan untuk terlibat dan memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan Germas,” tuturnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menurutnya sudah mengintruksikan untuk mengimplementasikan Inpres No.1/2017 tersebut di Kota Batam. Disamping mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, Pemko Batam juga mencanangkan Kampung Germas. Hingga saat ini dari 64 Kelurahan, sudah terdapat 38 Kampung Germas yang tersebar di lingkungan masyarakat. Tentunya Pemko Batam akan terus menggencarkan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

“Saya atas nama Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dinas Kesehatan sebagai leading sektor Gerakan Masyarakat Hidup sehat. Kepada seluruh masyarakat Batam, terimakasih sudah mendukung pemerintah dengan menerapkan pola hidup sehat,” ujar Ketua Tim Pembina Kota Sehat Kota Batam.

Tentunya penghargaan ini berhasil diraih berkat dukungan dari SKPD terkait mulai dari Dinas Kesehatan, Bapelitbang Kota Batam, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pendidikan Kota Batam. Puskesmas dan kelurahan tentunya memiliki peran yang cukup besar sehingga Gerakan Hidup Sehat di Kota Batam dapat dilaksanakan dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Adapun 7 pilar germas, melakukan aktifitas fisik, membudayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.(*)

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER