Wednesday, June 26, 2024
HomeSportSepakbolaJerman Juara Piala Dunia U-17 lewat Adu Penalti

Jerman Juara Piala Dunia U-17 lewat Adu Penalti

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Timnas Jerman U-17 berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Prancis U-17 di final. Imbang 2-2 di waktu normal, Der Panzer menang 4-3 pada babak adu penalti di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12/2023) malam WIB.

Sejak menit awal Jerman mampu menguasai pertandingan dan mengurung Prancis di lini pertahanannya sendiri. Jerman bahkan berhasil mencetak gol cepat ke gawang Prancis hanya tiga menit setelah kick off pertandingan.

Namun, gol Paris Brunner dianulir karena Max Moerstedt sudah lebih dulu offside saat memberikan umpan kepada Brunner di kotak penalti. Prancis dipaksa tampil bertahan untuk menghindarkan gawang mereka dari kebobolan.

Menit ke-25, Jerman mendapatkan hadiah penalti setelah bek kiri Prancis, Aymen Sadi melanggar pemain tim lawan di kotak penalti. Wasit memberikan keputusan menghadiahkan penalti setelah melalui pengamatan Video Assistant Referee (VAR).

Paris Brunner maju sebagai eksekutor pada menit ke-29 dan sukses menyelesaikan tugasnya, Jerman unggul 1-0 atas Prancis. Prancis terus mencoba menyamakan skor, namun Jerman sukses mempertahankan keunggulan 1-0 hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Noah Darvich sukses menggandakan keunggulan Jerman pada menit ke-51. Umpan dari sisi kanan tidak disia-siakan Darvich yang tidak terkawal untuk menceploskan bola ke gawang Prancis.

Hanya dua menit berselang, Bouabre berhasil mencetak gol bagi Prancis dan memperkecil skor jadi 1-2. Aksi individu Bouabre diakhiri tendangan keras dari luar kotak penalti yang menggetarkan gawang Jerman.

Petaka bagi Jerman datang pada menit ke-69. Gelandang mereka, Winners Osawe menerima kartu kuning kedua. Menyusul menekel Bouneb mendapat kartu merah yang membuat Jerman harus bermain dengan 10 orang.

Unggul jumlah pemain, Prancis akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-85. Tusukan Tidiam Gomis di sisi kanan dilanjutkan dengan umpan mendatar yang disambar Mathis Amougou di muka gawang Jerman.

Gol ini membuat laga dilanjutkan ke babak adu penalti. Penendang pertama Prancis Joachim Kayi Sanda tembakannya berbuah gol.

Sementara eksekutor pertama Jerman Eric da Silva Moreira sepakannya bisa ditepis Argney. Tembakan 12 pas Ismail Bouneb membawa Prancis unggul 2-0, namun Robert Ramsak memperkecil ketinggalan Jerman menjadi 2-1.

Tembakan penendang ketiga Prancis Nhoa Ryan Sangui menerpa mistar, membuat Jerman menyamakan skor 2-2 setelah Moerstedt dengan tenang mengeksekusi penalti. Bastien Meupiyou tembakannya bisa ditepis Konstantin Heide dan Jerman balik memimpin 3-2 berkat tembakan Fayssal Harchaoui.

Joan Trinces menghidupkan harapan Prancis untuk menyamakan kedudukan 3-3, sementara Brunner yang jadi penendang kelima Jerman tembakannya ditepis Argney. Gomis gagal membawa Prancis unggul setelah sepakannya bisa ditepis dan Jerman juara usai Almugera Kabar bisa bikin gol dari titik putih.

Susunan Pemain:

Timnas Jerman U-17 (4-3-3): Konstantin Heide; Finn Jeltsch, Maximilian Hennig, David Odogu, Eric Da Silva; Fayssal Harchaoui, Noah Darvich, Winners Osawe; Paris Brunner, Max Moerstedt, Bilal Yalcinkaya.

Pelatih: Christian Wueck

Timnas Prancis U-17 (4-3-3): Paul Argney; Yvann Titi, Bastien Meupiyou, Joachim Kayi Sanda, Aymen Sadi; Ismail Bouneb, Fode Sylla, Mathis Amougou; Saiimon Bouabre, Mathis Lambourde, Tidiam Gomis.

Pelatih: Jean-Luc Vannnuchi

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER