Sunday, June 23, 2024
HomeHealthBeberapa Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disantap Bersama Durian

Beberapa Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disantap Bersama Durian

* Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Biasanya, para pencinta durian garis keras bakal kalap kalau disuguhi durian. Tapi hati-hati, ada makanan yang tidak boleh dimakan bersama durian.

Dengan rasa dan aroma yang khas, durian punya penggemar fanatik sendiri di Indonesia. Bahkan, ia dijuluki sebagai raja dari segala buah. Sayangnya, durian dianggap tidak sehat lantaran zat yang dikandungnya.

Dari kandungan nutrisi, sebenarnya durian sama dengan buah lainnya. Durian mengandung serat, karbohidrat, vitamin C, serta antioksidan dari zat aktif dalam warna buah putih dan kuning.

Durian sebenarnya tidak mengandung kolesterol melainkan lemak nabati. Yang berbahaya justru jika si raja buah ini sudah terfermentasi jadi alkohol.

Jadi apa saja makanan yang tidak boleh dimakan bersama durian? Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya:

1. Alkohol
Durian memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Ini akan menghambat enzim yang membantu memecah alkohol dalam tubuh.

Memadukan alkohol dengan durian akan membuat Anda lebih cepat mabuk dan juga periode mabuk yang lebih lama. Bukan cuma itu, Anda akan lebih mudah mulas dan mengalami gangguan pencernaan yang parah.

2. Susu
Minum susu dengan durian dikatakan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Ini bisa menyebabkan Anda bisa lebih mudah kena sakit kepala.

3. Leci
Leci dan durian sama-sama dianggap sebagai makanan “panas”. Jika mengonsumsi keduanya secara berlebihan, Anda mungkin berisiko terkena demam, sembelit, atau sakit tenggorokan.

4. Kepiting
Kepiting dikatakan sangat ‘mendinginkan’ sedangkan durian termasuk dalam kategori ‘panas’. Oleh karena itu, mengonsumsi keduanya secara bersamaan akan menyebabkan sistem pencernaan Anda menjadi kacau dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

5. Daging Sapi dan Kambing
Daging sapi dan daging kambing adalah makanan yang ‘panas’. Oleh karena itu, mengonsumsi daging ini dengan durian dapat menambah “rasa panas” pada tubuh dan menyebabkan peradangan.

6. Terong
Makanan lainnya yang terlarang dimakan bersama durian adalah terong. Ini mungkin tampak agak tidak biasa karena secara teknis terong adalah sayuran, tetapi tetap menghasilkan panas.

Jika disantap bersamaan durian akan menyebabkan tubuh Anda akhirnya memanas juga. Selain itu, dapat menyebabkan perut kembung atau refluks asam. (*)

 

Sumber: cnnindonesia

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER