Tuesday, April 16, 2024
HomeHealthTerlihat Sepele, Sikat Rambut Bisa Jadi Sarang Bakteri Jika Tak Dibersihkan

Terlihat Sepele, Sikat Rambut Bisa Jadi Sarang Bakteri Jika Tak Dibersihkan

* Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Menjaga kebersihan badan bukan hanya dengan mandi, keramas, dan sikat gigi. Kebersihan peralatannya pun perlu diperhatikan. Contohnya mengganti seprai dan sarung bantal seminggu sekali, mengganti sikat gigi lama dengan yang baru, dan yang juga jangan terlupakan, mencuci sikat rambut.

Sikat rambut yang dipakai berkali-kali setiap hari bisa menjadi sarang bakteri, jamur, ketombe, dan minyak. Pencucian rutin diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

“Apapun jenis rambutnya, rutin bersihkan sikat rambut dengan alkohol seminggu sekali dan cuci setiap bulan,” saran pemilik salon di Florida, Nicole Montalvo, kepada Fox News Digital.

Apa yang terjadi bila tak pernah dibersihkan? Mengabaikan kebersihan sikat rambut berakibat menambah kotoran di rambut, residu produk perawatan, dan minyak, yang berujung berkembang biaknya bakteri dan jamur.

“Menggunakan sikat rambut kotor akan menyebabkan pori-pori tersumbat, yang artinya rambut tak akan tumbuh secepat biasa, juga iritasi kulit,” jelas spesialis ekstensi rambut Ashley Oldham.

“Sikat yang kita pakai dibuat dengan alasan tertentu jadi menggunakan dalam keadaan kotor bisa menghilangkan efek produk perawatan yang digunakan di rambut, sama kasusnya dengan memakai kuas kotor untuk wajah, hasilnya tidak akan efektif,” ujar Oldham.

Cara membersihkan

Mencuci sikat rambut adalah cara efektif untuk membersihkannya. Berikut yang dibutuhkan:
-Sampo lembut
-Semangkuk air hangat
-1-2 sendok teh air lemon
-Baking soda

“Setelah membersihkan sisa rambut, rendam sikat rambut dari plastik selama 5 menit. Jika terbuat dari kayu, jangan direndam, cukup dicelupkan dan digoyang beberapa kali untuk mengusir minyak, sel kulit mati, dan sisa produk,” pesan spesialis ekstensi rambut Alyssa Pantano.

Buang rambut rontok yang menempel dan bersihkan dengan alkohol setiap habis pakai untuk menjaga kebersihannya.

“Untuk menghindari rambut rontok dan masalah kulit kepala, Anda harus menjaga keseimbangan dan kesehatan mikrobioma kulit kepala yang membantu pertumbuhan rambut,” tambahnya. (*)

 

Sumber: tempo

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER