Tuesday, April 16, 2024
HomeHealthDilakukan Hanya Beberapa Menit Saja, Banyaknya Manfaat Angkat Kaki ke Tembok

Dilakukan Hanya Beberapa Menit Saja, Banyaknya Manfaat Angkat Kaki ke Tembok

* Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Pose angkat kaki ke tembok adalah salah satu gerakan yoga yang disebut viparita karani (dalam bahasa Sansekerta) atau pose inversi. Jika diterjemahkan, viparita artinya “terbalik” dan karani berarti “beraksi.”

Biasanya, pose ini digunakan di kelas Hatha, Yin, ataupun yoga restoratif. Menariknya, kamu bisa sangat mudah melakukannya sendiri di rumah lho.

Selain mudah dilakukan, mengangkat kaki ke tembok itu baik karena menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Angkat Kaki ke Tembok

Dalam pose ini, badan dan kepala akan berbaring rata di tanah sementara kaki dibalikkan ke dinding/tembok. Lebih lanjut, berikut merupakan berbagai manfaat angkat kaki ke tembok:

1. Membantu Menghilangkan Tegang di Leher dan Kepala

Manfaat kaki dinaikkan ke atas dengan menempelkannya di tembok, akan membantu menghilangkan stres dan ketegangan.

“Manfaat dari posisi kaki di atas tembok dibandingkan dengan headstand atau shoulder stand adalah bisa memperoleh manfaat inversi tanpa membuat leher dan kepala stres atau tegang,” terang Ketua Kesehatan dan Pengobatan Pencegahan, Robert Saper, MD, MPH, dikutip dari situs Health Cleveland Clinic.

2. Meningkatkan Sirkulasi Cairan Tubuh

Manfaat utama pose angkat kaki ke tembok yaitu mengembalikan sirkulasi cairan tubuh yang tersimpan di kaki.

“Dengan membalikkan dan menahan pose tersebut, memungkinkan kembalinya aliran darah dan mengurangi pembengkakan di kaki bagian bawah,” jelas Dr. Saper.

3. Membantu Meredakan dan Menghilangkan Stres

Dalam penelitian tahun 2017 dalam National Library of Medicine oleh Michaela C Pascoe, dkk., dari Department of Cancer Experiences, Peter MacCallum Cancer Centre, Melbourne, menunjukkan bahwa pose yoga seperti mengangkat kaki ke tembok akan membantu tubuh menuju keadaan relaksasi.

Sehingga, pose ini dilakukan merelaksasi pikiran untuk menghilangkan stres.

“Banyak pasien menggambarkan secara anekdot kalau mereka menganggap melakukan pose (angkat kaki ke tembok) ini sangat menenangkan,” beber Dr. Saper.

Dalam hal ini, menghilangkan stres dikaitkan dengan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik hingga sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

4. Meringankan Depresi Ringan

Sejalan dengan manfaat yang sebelumnya, karena pose ini membantu untuk membuat tubuh rileks. Hal ini mungkin juga untuk membuat seseorang merasa baik secara keseluruhan.

5. Manfaat Kesehatan Lainnya

Dirangkum dari laman kesehatan Healthline dan WebMD, mengangkat kaki ke tembok juga memiliki manfaat lainnya, yakni:

– Relaksasi yang mendalam
– Memberikan pereda nyeri linu panggul
– Membantu mengatasi sakit punggung
– Meningkatkan fungsi tiroid
– Meringankan kaki yang lelah
– Meredakan sakit kepala dan migrain
– Meningkatkan energi
– Meringankan sesak dan ketidaknyamanan punggung bawah
– Meredakan kram kaki dan kaki
– Meningkatkan aliran getah bening
– Menangani varises
– Regangkan bagian belakang kaki Anda dengan lembut
– Meningkatkan sirkulasi
– Memperbaiki pencernaan
– Memperbaiki pola tidur
– Menyeimbangkan tekanan darah

Berapa Lama Angkat Kaki ke Tembok?

Melakukan pose angkat kaki ke tembok bisa dilakukan selama 10-15 menit atau berapa pun yang nyaman bagi kamu.

Pose ini juga aman dilakukan dalam 1 atau 2 kali sehari. Pose ini bisa dijadikan sebagai bagian dari latihan yoga rutin ataupun sebagai pose yang berdiri sendiri.

“Sebagai peneliti yoga dan instruktur yoga, saya merekomendasikan pose ini sebagai bagian dari latihan yoga restoratif secara keseluruhan, yang dilakukan menjelang akhir latihan Anda,” ungkap Dr. Saper.

Sebagai catatan, ada beberapa risiko yang terkait dengan melakukan gerakan kaki tegak. Bagi kamu yang didiagnosis menderita kondisi glaukoma, gagal ginjal, gagal hati, gagal jantung kongestif, dan tekanan darah tinggi yang tak terkontrol, lebih baik untuk menghindari pose ini.

Jika dilakukan dengan benar dan aman, manfaat angkat kaki di tembok bisa kita rasakan. Angkat kaki ke tembok atau pose terbalik pasif ini bermanfaat untuk membantu tubuh melebur ke lantai saat melepaskan stres, kecemasan, maupun ketegangan.

Jadi jika detikers memiliki waktu senggang, tak ada salahnya untuk melakukan salah satu pose yoga ini. (*)

 

Sumber: detik

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER