Monday, June 24, 2024
HomeLainnyaNasionalJamaah Haji Dilarang Merokok di Sekitran Masjid Nabawi Atau Siap-siap Didenda 200...

Jamaah Haji Dilarang Merokok di Sekitran Masjid Nabawi Atau Siap-siap Didenda 200 Riyal

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Arab Saudi melarang seluruh jemaah merokok di Masjid Nabawi, di Madinah. Jika tetap merokok di lokasi terlarang, sanksi siap menanti.

Mulai ditegur dan dikenai denda uang senilai 200 riyal, bahkan diproses secara hukum pidana. Kementerian Agama RI juga mengingatkan hal itu kepada jemaah calon haji dan petugas PPIH Arab Saudi serta embarkasi.

Kepala Daker Madinah, Ali Machzumi mengatakan kiranya semua jemaah calon haji bisa mematuhi aturan yang ada. Terkhusus saat beraktivitas di sekitar wilayah Masjid Nabawi.

“Jemaah haji Indonesia harus memperhatikan. Dan taat pada ketetapan dan aturan pemerintah Arab Saudi,” kata Ali, Jumat (17/5/2024).

Selain larangan merokok, jemaah juga diingatkan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Kotak sampah disiapkan di berbagai sudut masjid Nabawi dan ada petugas khusus yang berkeliling membawa plastik sampah.

“Hal lain yang tercatat dalam larangan di sekitar Masjid Nabawi, yaitu membentangkan spanduk. Jangan coba-coba melakukannya meski isinya hanya berisi keterangan asal rombongan,” ujarnya.

Merekam vodep dengan durasi lama apalagi menggunakan kamera profesional lengkap dengan tripod, juga akan diamankan Askar (polisi) Masjid Nabawi. Aturan ini tidak hanya berlaku di sekitar Masjid Nabawi, juga di hampir semua wilayah di Madinah.

Seperti yang dialami Putri Rani, petugas MCH PPIH Arab Saudi, nyaris diangkut oleh askar saat mengambil gambar. Untuk laporan berita haji dari Madinah di depan Kantor Daerah Kerja (Daker) Madinah, Kamis, 16 Mei 2024.

“Kaget juga didatangi askar, untung hanya diberi peringatan,” kata Putri. Larangan lain yang perlu diketahui para jemaah yaitu untuk tidak mengambil barang-barang yang tercecer.

Mengambil meski untuk mengamankan akan terlihat seperti pencurian dari kamera cctv. Apabila melihat barang tercecer, sebaiknya laporkan ke petugas keamanan terdekat. (*)

 

Sumber: rri

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER