Monday, July 15, 2024
HomeTipsAkun Instagram Kena Retas atau Hack, Tenang Begini Cara Atasinya

Akun Instagram Kena Retas atau Hack, Tenang Begini Cara Atasinya

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Instagram atau IG merupakan salah satu media sosial yang digunakan untuk berbagi foto maupun video secara online. Namun sayang, ada beberapa orang tak bertanggung jawab yang melakukan peretasan (hack) terhadap akun Instagram.

Hal ini tentu sangat berbahaya. Sebab, foto ataupun video yang diunggah ke Instagram bisa disalahgunakan. Selain itu, akun Instagram juga bisa dipakai untuk hal-hal negatif, misalnya melakukan penipuan atau menebar hoax.

Jika Instagram kamu kena hack, jangan langsung panik. Sebab, ada sejumlah cara untuk mengatasi hal tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang kena hack? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hack

Ada beberapa cara untuk mengembalikan akun Instagram yang kena hack. Mengutip laman Android Authority, berikut sejumlah caranya:

1. Meminta Login Link yang Dikirim ke Nomor HP

Jika peretas telah mengakses akun Instagram lewat email, kamu masih bisa masuk ke akun IG milikmu dengan cara mengirim login link ke nomor HP. Namun, pastikan nomor HP tersebut juga terhubung dengan akun IG milik detikers. Simak caranya di bawah ini:

– Buka aplikasi Instagram di smartphone
– Di halaman login, ketuk opsi ‘Get help signing in’ (di Android) atau ‘Forgot password?’ (di iOS)
– Setelah itu, masukkan nomor HP yang terhubung ke akun Instagram milikmu
– Nantinya, Instagram akan mengirim login link ke nomor HP tersebut
– Jika berhasil masuk ke akun milikmu, segera ganti password Instagram.

2. Menghubungi Pusat Bantuan

Kalau cara diatas gagal, kamu bisa segera menghubungi pusat bantuan (help center) Instagram. Berikut langkah-langkahnya:

– Kunjungi web resmi help.instagram.com
– Kemudian lengkapi semua data diri
– Sampaikan keluhanmu tentang akun Instagram yang dihack
– Setelah selesai mengisi semua kolom, kamu akan diminta untuk foto diri sambil memegang kode keamanan (security code) yang dikirim oleh pihak Instagram
– Jika sudah, kirim keluhan dan tunggu sampai proses pelaporannya selesai. Umumnya, proses pelaporan selesai dalam beberapa hari.

3. Menghubungi Pusat Bantuan dengan Alasan Akun Diretas

Kamu juga bisa langsung menghubungi pusat bantuan Instagram dan memilih opsi ‘I think my account has been hacked’ untuk segera diproses. Berikut caranya:

– Kunjungi laman help.instagram.com di browser
– Pilih menu ‘Privacy dan safety’
– Klik ‘Report something’
– Lalu klik opsi ‘I think my account has been hacked’
– Kemudian klik ‘Report it to us’
– Apabila detikers mengambil langkah ini, ada sejumlah hal yang harus dilakukan dan menjadi konsekuensi, yakni:

a. Akun Instagram Hilang
Akun Instagram yang dilaporkan kena hack akan otomatis menghilang dari pencarian. Jika dicari, maka akan muncul tulisan “user not found”.

b. Cek Email dari Instagram
Dalam prosesnya, Instagram akan mengirim instruksi lengkap melalui email yang didaftarkan saat membuat akun IG.

Lewat email tersebut, kamu diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, username akun, dan kata sandi yang ditulis pada kertas putih. Setelah itu, kamu akan diminta untuk berswafoto dengan kertas tersebut sebagai tanda verifikasi jika kamu merupakan pemilik aslinya.

c. Mengisi Formulir
Jika telah lolos verifikasi, pihak Instagram akan mengirim formulir yang harus diisi secara lengkap dan benar. Proses kerjanya membutuhkan waktu sekitar 4-7 hari kerja, jadi harus sedikit bersabar.

Tips Mencegah Akun Instagram Kena Hack

Demi memberikan rasa aman dan nyaman, ada berbagai tips untuk melindungi akun Instagram dari pembajakan. Dilansir laman resminya, berikut penjelasannya:

1. Mengaktifkan Two-factor Authentication
Tips yang pertama adalah mengaktifkan two-factor authentication (autentikasi dua faktor). Jadi sebelum log in ke akun Instagram, detikers harus memasukan kode 6 digit yang dikirim ke nomor HP yang terdaftar.

Kalau menggunakan WhatsApp, nantinya kode verifikasi akan dikirim ke nomor tersebut. Cara lainnya bisa menggunakan aplikasi Duo Mobile atau Google Authenticator.

2. Perbarui Nomor Telepon dan Alamat Email
Jika baru mengganti nomor telepon atau alamat email, pastikan juga untuk memperbarui nomor HP dan email di akun Instagram. Langkah ini dilakukan jika terjadi sesuatu pada akun IG milikmu, maka pihak Instagram dapat dengan cepat menghubungi detikers.

3. Aktifkan Login Request
Mengaktifkan login request dapat membantu detikers jika ada orang yang tak dikenal berusaha log in ke akun IG milikmu. Nantinya, pihak Instagram akan memberi tahu perangkat mana yang mencoba masuk dan berada di mana lokasinya.

(*)

Sumber: detik

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER