Sunday, July 14, 2024
HomeHealthMusim Hujan, Waspada Terhadap Berbagai Jenis Penyakit

Musim Hujan, Waspada Terhadap Berbagai Jenis Penyakit

*Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Ada banyak penyakit musim hujan yang harus diwaspadai. Penyakit-penyakit ini beragam, mulai dari yang ringan hingga parah.

Musim hujan membuat sistem kekebalan tubuh tak bisa berfungsi maksimal. Salah satu pasalnya adalah perubahan suhu pada lingkungan sekitar.

Tak cuma itu, musim hujan juga membuat banyak mikroba lebih mudah untuk berkembangbiak dan masuk ke dalam tubuh manusia.

Tubuh harus selalu waspada terhadap berbagai risiko penyakit, berikut ini.

1. Influenza

Influenza atau biasa disebut flu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Gejala yang muncul mulai dari rasa tidak enak badan, demam, pegal sekujur tubuh, lesu, hingga pilek.

2. Demam berdarah

Demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Mirip dengan flu, penyakit ini menimbulkan gejala demam dan flu. Hanya saja, jika tak ditangani dengan tepat, penyakit musim hujan satu ini berisiko mengancam nyawa.

Musim hujan sendiri merupakan waktu terbaik bagi nyamuk Aedes aegypti berkembangbiak. Anda bisa mencegahnya dengan melakukan 3M, yakni menguras bak mandi, menutup genangan air, dan memanfaatkan barang bekas.

3. Diare

Diare merupakan penyakit pencernaan yang ditandai dengan buang air besar encer tiga kali atau lebih dalam sehari.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi patogen. Anda bisa mencegahnya dengan rajin mencuci tangan serta menjaga kebersihan lingkungan.

4. Hepatitis A

Lingkungan yang kotor, seperti di musim hujan, bisa jadi salah satu penyebab munculnya hepatitis A. Sama seperti diare, hepatitis A disebabkan oleh virus yang terdapat dalam makanan.

Beberapa gejala hepatitis A yang biasanya timbul di antaranya demam, linu pada persendian, kehilangan nafsu makan, pusing, dan perut terasa tidak nyaman.

5. Leptospirosis

Penyakit satu ini menjadi ancaman saat banjir melanda. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans. Bakteri ini biasa ditemukan di lingkungan yang kotor, seperti banjir.

Penyakit ini menular melalui kontak antara kulit dengan tanah, air, atau tanaman yang terkontaminasi urine hewan yang terinfeksi. Tikus menjadi hewan yang paling sering terinfeksi bakteri tersebut.

Selain tikus, ada lagi beberapa hewan lain yang bisa menularkan penyakit musim hujan satu ini. Di antaranya adalah sapi, babi, anjing, reptil, dan hewan amfibi. (*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER