Sunday, July 14, 2024
HomeHealthMeski Rasanya Pahit, Konsumsi Pare Punya 5 Manfaat Sehat Ini

Meski Rasanya Pahit, Konsumsi Pare Punya 5 Manfaat Sehat Ini

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Pare atau paria termasuk jenis buah keluarga labu dengan rasa pahit. Di balik rasa pahit pare [unya sejumlah khasiat menyehatkan.

Pare umum dikonsumsi orang Indonesia. Biasanya dijadikan olahan tumisan dengan tambahan telur, tempe, atau ikan teri. Tumisan pare ini juga disajikan dengan cita rasa gurih dan pedas.

Makanan yang pahit ini juga sering diisi adonan ikan sebagai jenis siomay. Atau dijadikan isian sup ayam yang berkuah kaldu bening.

Meski diketahui rasanya pahit dan tak disukai banyak orang, pare termasuk makanan sehat yang aman dikonsumsi setiap hari. Ahli diet Tim Crowe menjelaskan, “Makanan pahit bisa merangsang sistem pertahanan tubuh, meningkatkan sistem antioksidan untuk melindungi terhadap penyakit,” seperti dikutip dari Taste.

Dilansir dari Net Meds (29/11/2023), ada beragam manfaat sehat pare untuk kesehatan tubuh. Di antaranya dapat menjaga imunitas tubuh hingga mengontrol diabetes.

Berikut 5 manfaat sehat mengonsumsi pare secara rutin:
1. Jaga Imunitas Tubuh

Pare diketahui mengandung zat antioksidan yang tinggi. Zat ini dapat membantu tubuh dalam melawan beberapa infeksi. Antioksidan ini melindungi tubuh dari radikal bebas dan senyawa berbahaya lainnya.

Zat berbahaya tersebut dilepaskan selama metabolisme dan menghancurkannya sehingga mencegah terjadinya penyakit apa pun. Saat dikonsumsi secara rutin, pare ini bisa melawan berbagai penyakit, termasuk jantung, ginjal, dan masalah hati.

2. Pereda Wasir
Pare juga bisa menjadi salah satu makanan yang dapat meredakan wasir. Karena, buah satu ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang baik.

Pare ini bisa dijadikan lotion yang baik untuk kondisi wasir yang menyakitkan. Kamu bisa membuatnya menjadi pasta yang terbuat dari akan tanaman pare dan dapat dioleskan secara eksternal untuk mengurangi peradangan yang dapat menghilangkan rasa sakit dan pendarahan.

Selain dijadikan pasta, pare juga bisa dijadikan jus yang menyehatkan. Minum jus pare secara rutin dapat meredakan wasir secara instan.

3. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Sejumlah penelitian dapat membuktikan manfaat pare, salah satunya untuk kesehatan pernapasan. Di antaranya memberikan bantuan dari kondisi pernapasan, seperti asma, bronkitis, dan rinitis.

Pare juga didukung dengan sifat anti-histamin, anti-inflamasi, antivirus, penekan, dan ekspektoran. Sifat dan zat tersebut menjadikannya penguat yang sempurna untuk kesehatan pernapasan.

4. Pembersih Darah
Pare juga dapat dikonsumsi untuk merasakan manfaat berupa pembersih darah. Pare mengandung sifat antimikroba dan antioksidan yang kuat.

Sifat tersebut dapat membantu dalam memurnikan darah, sehingga membantu meningkatkan kesehatan kulit. Pare juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

5. Mengontrol Diabetes
Pare juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karena pare mengandung zat charantin atau peptida yang menyerupai insulin dan alkaloid dalam jumlah signifikan. Kandungan tersebut membuat pare menjadi bahan penting dalam mengelola diabetes.

Zat tersebut dapat meredakan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba selain mengatur metabolisme. Pare bertindak sebagai agen hipoglikemik yang kuat dan kaya akan serat larut.

Sumber: detik.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER