Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi Pemimpin Baru ISIS

Kabar kematian pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi kembali menyeruak untuk kesekian kalinya.

BAGHDAD, SURYAKEPRI.COM – Kelompok ISIS menunjuk Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai pengganti Abu Bakar al-Baghdadi.

“Kami berkabung untukmu, komandan dari orang-orang yang beriman,” ujar Hashimi yang juga bertindak sebagai juru bicara ISIS, dalam rekaman audio yang dirilis di Telegram.

Kelompok ISIS akhirnya mengumumkan kematian pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi, sekaligus menyatakan penerus yang baru.

Abu Bakar al-Baghdadi yang mengumumkan “kekhalifahan” pada 2014, tewas bunuh diri ketika diserang pasukan khusus AS akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Ribuan Warga Antar Jenazah Alfin ke Pemakaman, Pemain Timnas U-16 Meninggal karena Gempa Ambon

Kelompok itu juga mengakui kematian juru bicara mereka, Abu Hassan al-Muhajir, dalam serangan yang terjadi sehari setelah Baghdadi.

Dilansir AFP Kamis (31/10/2019), ISIS menyatakan lembaga legislatif dan konsultatitf mereka langsung bersidang setelah Baghdadi tewas.

Diberitakan BBC, tidak banyak yang diketahui dari Hashimi. Sumber dari pihak keamanan menduga nama itu merupakan nama samaran.

ISIS juga tidak memberi penjelasan terkait pemimpin baru itu. Mereka hanya menerangkan bahwa Hashimi merupakan “sosok menjanjikan di dunia jihad”.

Pernyataan itu juga menyebut bahwa Hashimi merupakan pejuang jihad veteran yang pernah bertarung melawan Amerika Serikat (AS) di masa lalu.

Dengan nama “al-Quraishi”, kelompok tersebut berusaha menegaskan bahwa dia berasal dari suku Quraish, kualifikasi utama menjadi khalifah.

BACA JUGA: Ketua Kadin Kepri Maruf Maulana Batal Daftar Bakal Calon Gubernur