AJI Indonesia Gelar Latihan Cek Fakta kepada Puluhan Jurnalis Tanjungpinang

AJI Tanjungpinang bersama Google News Initiative Training Network saat menggelar Cek Fakta di Sekretariat AJI Tanjungpinang, Komplek Bintan Center.  (MBA)

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM -Puluhan jurnalis dari berbagai platfrom media yang tergabung dalam Serikat Media Anti Hoaks di Provinsi Kepri turut ambil bagian kegiatan Google News Initiative Training Network.

Kegiatan digelar di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang, Komplek Bintan Center. Acara berlangsung Sabtu (23/11/2019) hingga Minggu (24/11/2019).

Kegiatan yang dinisiasi oleh AJI Indonesia dan Google News Initiative ini juga digelar serentak di 23 newsroom di seluruh Indonesia.

Baca: FOTO-FOTO Ketua Senat UNIBA DR HM Soerya Respationo,SH,MH: Jadilah SDM Unggul, Bantu Indonesia

Baca: Kisah Nurul Remaja Ujung Pulau Indonesia, Perjuangan Dibayar Mahal Demi Ikut CPNS

Baca: RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK, Minggu 24 November 2019, Cancer Coba Netralisir Emosimu, Virgo Perlu Sedikit Waktu Biar Pulih

Selama dua hari, para jurnalis akan diasah ketrampilannya untuk memanfaatkan sejumlah tools online guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang terindikasi hoaks.

Selanjutnya melakukan pengecekan kebenaran rumor yang beredar di dunia maya.

Budiarto salah satu trainer dalam pelatihan ini berharap, dengan pelatihan ini seluruh tools yang dipelajari nantinya dapat dimanfaatkan oleh para jurnalis dalam proses penyusunan berita.