Akhirnya Arsenal Pecat Unai Emery

Unai Emery dipecat dari kursi manajer Arsenal setelah gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhir. (Foto: Sportsmole)
Unai Emery dipecat dari kursi manajer Arsenal setelah gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhir. (Foto: Sportsmole)

SURYAKEPRI.COM – Arsenal resmi memecat Unai Emery, Jumat (29/11/2019) setelah tujuh pertandingan tanpa kemenangan.

The Gunners telah mengonfirmasi bahwa legenda klub, Freddie Ljungberg, akan menjadi caretaker atau manajer sementara.

Pelatih 48 tahun asal Spanyol itu menggantikan Arsene Wenger pada Mei 2018, tetapi tidak mampu membawa klub kembali ke Liga Champions. Musim lalu The Gunners finish di urutan kelima dan kalah di final Liga Eropa dari Chelsea.

Awal musim ini terlihat menjadi tantangan berat bagi Emery. Setelah banyak isu beredar mengenai pemecatannya, akhirnya dia benar-benar dipersilakan angkat koper dari Emirates.

Kekalahan 1-2 dari Eintracht Frankfurt di Emirates pada Kamis malam, menjadi pukulan terakhir bagi karir Emery di London Utara.

Berbicara atas nama dewan Arsenal dan pemilik klub Kroenke Sports & Entertainment, Josh Kroenke mengatakan, “Terima kasih kami yang paling tulus kepada Unai dan rekan-rekannya yang tidak henti-hentinya dalam upaya mereka  membuat klub kembali bersaing di tingkat yang kita semua harapkan.  Kami berharap Unai dan timnya sukses di masa depan. ”

Pernyataan klub menambahkan: “Keputusan telah diambil karena hasil dan penampilan tidak berada pada level yang disyaratkan.”

“Kami telah meminta Freddie Ljungberg untuk bertanggung jawab atas tim utama sebagai pelatih kepala sementara. Kami memiliki keyakinan penuh pada Freddie untuk membawa kami maju.”

Freddie Ljungberg (kanan) akan bertanggung jawab atas Arsenal untuk sementara. (foto: Sportsmole)
Freddie Ljungberg (kanan) akan bertanggung jawab atas Arsenal untuk sementara. (foto: Sportsmole)

“Pencarian pelatih kepala baru sedang berlangsung dan kami akan membuat pengumuman lebih lanjut ketika proses itu selesai.”

Orang-orang seperti manajer Wolves Nuno Espirito Santo dan mantan gelandang Arsenal Mikel Arteta (saat ini pelatih di Manchester City), telah dikaitkan dengan posisi manajer Arsenal.

Tetapi masih harus dilihat bagaimana kinerja Ljungberg, yang dipromosikan dari manajer Arsenal U-23 ke asisten pelatih Emery selama musim panas.

Pertandingan pertama di bawah pria asal Swedia itu adalah menghadapi Norwich pada hari Minggu, kemudian laga kandang kontra Brighton. Selanjutnya derby London melawan West Ham.