Antisipasi Gelombang Tinggi dan Cuaca Ekstrem, Tim SAR Imbau Pelaku Pelayaran Tetap Waspada saat Melaut

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Mu'min Maulana, Rabu (4/12/2019). (MBA/SURYAKEPRI.COM)

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang mengimbau kepada para pelaku pelayaran tetap waspada saat beraktivitas.

Sebab, sekarang ini wilayah Kepulauan Riau telah memasuki cuaca ekstrem dan gelombang laut terbilang tinggi.

“Kami dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang mengimbau kepada seluruh pelayaran baik kapal nelayan ataupun kapal lainnya agar lebih berhati hati-hati dan waspada saat melaut,” kata Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Mu’min Maulana, Rabu (4/12/2019).

Dalam mengantisipasi kondisi cuaca saat ini, kata Mu’min, para pelaku pelayaran sebelum melaut sebaiknya mengecek perlengkapan yang diperlukan dan kondisi kapalnya.

“Cek dan ricek kembali sebelum melaksanakan pelayaran baik kesiapan mesin kapal, alat navigasi kapal, serta safety buat kru kapal sehingga ketika terjadi musibah kita masih bisa bertahan dalam situasi genting,” ujarnya.

Selain itu, dia mengajak kepada seluruh pelayaran agar mengecek cuaca sebelum berlayar.

Di mana di akhir tahun seperti ini posisi cuaca yang kurang baik dan dapat berubah-ubah mulai dari hujan deras disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

“Kru kapal yang sedang melaksanakan pelayaran ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan segera laporkan ke pihak yang berwenang baik itu Basarnas, Polair, TNI, dan instansi lain yang terlibat karena kita semua satu misi yaitu misi Kemanusia dan saling bersinergi,” tutup Mu’min.

BACA JUGA: Dianggap Ganggu Kenyamanan Pengendara, Polisi Amankan 3 Polisi Cepek Alias Pak Ogah di Sekupang

BACA JUGA: Begini Kata Gazzaniga dan Martial soal MU vs Tottenham