Disrupsi, Deutsche Bank Kerahkan Pasukan Robot AI Gantikan 18.000 Pekerja

Sejauh ini 680.000 jam kerja manual telah diselamatkan. Bank telah menggunakan bot untuk memproses 5 juta transaksi

Deutsche Bank (Sumber: europeanbusinessmagazine)
Deutsche Bank (Sumber: europeanbusinessmagazine)

SURYAKEPRI.COM – Era disrupsi. Tenaga manusia semakin tergerus oleh kecerdasan buatan. Kabar terbaru, Deutsche Bank bersiap mengerahkan pasukan robot artificial intelligence (AI) untuk menggantikan 18.000 pekerjanya.

Penggantian tenaga kerja manusia dengan robot, oleh  bank multinasional berbasis di Jerman, ini akan dimulai tahun 2022.

Itu merupakan bagian dari rencana restrukturisasi radikal senilai USD8,3 miliar.

Hingga saat ini saja, Deutsche Bank telah memangkas lebih dari 4.000 pekerjaan dan telah digantikan oleh kecerdasan buatan (AI). Sementara sekitar 18.000 staf lagi akan diberhentikan.

“Penggunaan artificial intelligence telah meningkatkan produktivitas secara besar-besaran di sektor-sektor bisnis tertentu,” kata Mark Matthews, kepala operasi untuk bank korporasi dan investasi Deutsche Bank.

“Sejauh ini 680.000 jam kerja manual telah diselamatkan. Bank telah menggunakan bot untuk memproses 5 juta transaksi di perusahaan bank dan mengerjakan 3,4 juta cek di bank investasinya,” ujarnya kepada Financial News yang dikutip Senin (25/11/2019).

Matthews mengatakan, jumlah karyawannya akan terus turun. “Model kami adalah untuk mengurangi biaya dan, pada saat yang sama, meningkatkan lingkungan kontrol kami dan pengalaman klien,” imbuh dia.

Deutsche Bank berusaha untuk mengotomatisasi sebagian besar kantor pusatnya melalui strategi baru yang disebut “Operasi 4.0,” sebagai bagian dari inisiatif penghematan USD6,6 miliar selama tiga tahun ke depan.(*)

Bocah Nangis Terus saat Diajak Pengamen, Ternyata Korban Penculikan