Erick Thohir Tunjuk Orias Moedak Jadi Dirut Inalum

Orias Petrus Moedak (Sumber: CNBC)
Orias Petrus Moedak (Sumber: CNBC)

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Orias Petrus Moedak sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) yang kini memiliki brand baru MIND ID atau Holding BUMN Pertambangan.

Penunjukkan tersebut dilakukan melalui RUPS, bertepatan sebulan masa jabatan Erick pada Senin (25/11/2019).

Usai menerima Surat Keputusan (SK), Orias resmi menjadi orang nomor satu di Inalum menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang kini menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina.

Orias, yang sebelumnya menjabat Wadirut Freeport Indonesia, mengaku diminta untuk melanjutkan semua capaian positif yang telah diraih Inalum.

“Jalankan amanah. Apa yang sudah ada, kita lanjutkan,” ujar dia di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin.

Orias melanjutkan, salah satu tugas yang harus ia tuntaskan sebagai pimpinan Inalum, yakni akuisisi PT Vale Indonesia (INCO) yang hingga kini belum rampung.

Perlu diketahui, Orias bukan orang baru di tubuh Inalum. Sebelum berkarier di Freeport, Orias pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan Inalum pada tahun 2018.

Orias menyambangi kantor Kementerian BUMN sekitar pukul 10.15 WIB. Dia menemui wartawan usai bertemu perwakilan Kementerian BUMN.

“Iya hari ini [resmi jadi Dirut Inalum]. Saya enggak inget nomornya [Surat Keputusan]. Sudah tanda tangan. Serahkan ke sekper,” kata Orias.

Posisi Direktur Utama MIND ID kosong setelah ditinggal Budi Gunadi Sadikin yang menjadi Wakil Menteri BUMN.

Dua nama kandidat kuat untuk menggantikan posisi Budi di Inalum sempat mencuat ke pasar, yakni Arie Ariotedjo (Dirut PT Antam Tbk/ANTM) dan Orias Petrus Moedak.(*)