Ini Kemampuan Manusia yang Tak Bisa Digantikan Kecerdasan Buatan

iLUSTRASI Artificial-Intelligence
iLUSTRASI Artificial-Intelligence

YOGYAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Hampir semua pekerjaan manusia sudah bisa digantikan oleh kecerdasan buatan. Tetapi, masih ada yang tidak (belum?) bisa digantikan. Apa itu?

Di era revolusi industri 4.0, banyak pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh robot atau kecerdasan buatan. Penelitian menunjukkan pekerjaan yang bersifat pengulangan dan menghafal telah mulai tergerus oleh perkembangan teknologi otomatisasi, robot, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Namun demikian, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengindikasikan terdapat beberapa kemampuan manusia yang tak mudah digantikan oleh mesin.

Misalnya empati, kreativitas, dan keahlian analitis atas masalah yang bersifat kompleks.

Oleh karena itu, agar menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul di era teknologi saat ini, individu perlu mengasah kemampuan tersebut dengan terus memanfaatkan perkembangan teknologi.

Hal ini disampaikan Menkeu pada acara Milad Universitas Aisyiyah (UNISA) dengan tema “Mendidik Generasi Unggul Cendekia untuk Kemandirian Ekonomi Bangsa” di Gedung B, UNISA Yogyakarta, Rabu (02/10).

“Teknologi (industri 4.0) bisa men-disrupt atau merusak atau menghancurkan lapangan kerja yang selama ini dilakukan oleh manusia. Lapangan kerja yang bersifat manual, repetitif sangat mudah diganti oleh robot dan terkena dampak otomatisasi,” tegas Menkeu di depan para mahasiswa UNISA, mengingatkan efek perkembangan teknologi.

Pendekatan Pendidikan