Jejak Panjang Ketua LAM Karimun Abu Samah H Arab, Dipuji Bisa Menyatukan Belasan Suku

Ketua LAM Karimun sat ditemui di kediamannya.(ist)

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Kepemimpinan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun, Abu Samah H Arab banyak ditauladani warga masyarakat Karimun.

Ia dinilai sebagai sosok teladan yang memiliki jejak panjang dalam merangkul elemen-elemen kemasyarakatan di Karimun.

“Kepemimpinan adalah rangkaian aktivitas penataan berupa kemampuan seseorang dalam mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan,” kata Ramdan, seorang warga Karimun dalam artikelnya yang dikirim ke Suryakepri.com, Senin (2/12).

Baca: Eko Yuli Irawan Sumbang Medali Emas Indonesia dari Angkat Besi

Baca: Pesan Moral Danrem 033/WP ke Babinsa Sungguh Menyentuh Hati

Baca: BKC Batam Empat Kali Beruntun Boyong Piala Gubernur, Pengurus Bangga Keseriusan Atlet-Pelatih

Abu Samah H.Arab yang tinggal di Jl.H.Arab, Kelurahan Sei Lakam Barat, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau ini dahulunya adalah seorang tokoh masyarakat yang dituakan untuk mempersatukan 19 suku yang ada di Tanjungbalai Karimun.

Itu dilakukannya agar tidak ada perselisih pahaman antara suku-suku sehingga masyarakat bisa memahami satu sama yang lainnya.

Kini Abu Samah diangkat menjadi Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun dari tahun 2015-2019.

Adapun proses pemilihan Ketua LAM ini dari struktur yang ada di provinsi, yang juga berdasar pada Perda (Peraturan Daerah). Pengurus LAM juga ada di seluruh kabupaten dan kota di Kepulauan Riau.