Pajak Progresif Kendaraan Bermotor:
Kalau Jual Mobil Jangan Lupa Balik Nama

Ilustrasi mobil (otosia)
Ilustrasi mobil (otosia)

SURYAKEPRI.COM –  Memiliki mobil lebih dari satu akan terkena kewajiban pajak progresif. Jadi, jika Anda mengganti mobil lalu menjual mobil yang lama, jangan lupa balik nama. Jika tidak, Anda harus membayar pajak lebih mahal karena dianggap memiliki dua mobil.

Pajak progresif akan diterapkan pada kendaraan bermotor yang memiliki kesamaan nama pemilik dengan alamat tempat tinggal pemilik. Jadi, besaran biaya pajak akan mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah kendaraan.

Kendaraan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya akan dikenai tarif pajak berbeda. Mobil kedua pajaknya lebih mahal dari mobil pertama, dan seterusnya.

Misalnya saja Anda menjual mobil ke orang lain, namun Anda tidak melakukan balik nama kepemilikan mobil tersebut, maka pajak progresif akan ditanggungkan pada pemilik lama karena nama dan alamat tempat tinggal pemilik mobil tersebut masih sama.

Dengan demikian, jika Anda menjual kendaraan bermotor kepada orang lain, sebaiknya segera melakukan proses balik nama sehingga Anda tidak lagi membayar pajak progresif untuk kendaraan tersebut.

Dasar Hukum